Desain: Feri Fenoria Rifai
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Keharusan mahasiswa S3 untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi, maka mahasiswa S3 dituntut merumuskan ide baru pada topik penelitiannya. Untuk memenuhi tutuntan tersebut, Syaripuddin mencoba mengaplikasikan  motto FST yaitu “Bekerja keras cermin bersyukur, bekerja cerdas membawa amanah, bekerja ikhlas adalah ibadah”.

“Motto ini pertama kali saya baca pada awal masuk di FST tahun 2014 dan saya menerapkan pada saat kuliah dengan target, bisa kuliah tepat waktu,” terang pria kelahiran Lise, 12 Januari 1974 tersebut.

Syaripuddin bersyukur, target lulus kuliah tepat waktu tersebut terkabulkan dengan bonus menjadi wisudawan terbaik S3 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) FST. Tentu banyak kendala yang dia hadapi. Seperti kendala di awal kuliah, yaitu bagaimana menentukan topik penelitian, lalu bagaimana menemukan ide penyelesaian dan selanjutnya bagaimana mempublikasikan hasil yang diperoleh.

“Atas bimbingan promotor dan co-promotor dan menerapkan motto di atas, Alhamdulillah semua bisa teratasi,” ucapnya.

Selain itu, dirinya sangat bersyukur bisa kuliah di FST UNAIR. Pengalaman yang menarik selama kuliah di FST UNAIR menurutnya adalah, ketika pertama kali mengikuti seminar internasional dan pertama kali menerbitkan paper di jurnal internasional bereputasi atas bimbingan dari promotor ko-promotor.

Sebagai dosen yang sedang tugas belajar, Syaripuddin memutuskan untuk fokus kuliah. Dengan topik disertasi yang dia ambil adalah pemograman interval, berjudul Pengembangan Metode Wolfe pada Penyelesaian Pemrograman Kuadratik Interval.

Setelah menyelesaikan studinya, Syaripuddin berencana untuk kembali mengabdi sebagai dosen pada Jurusan Matematika Universitas Mulawarman, mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dan menjalin hubungan baik dengan promotor/ko-promotor dengan melakukan penelitian bersama.

Menurut Syaripuddin, mahasiswa S3 dituntut cerdas dalam menentukan topik penelitian, dituntut ulet dan kerja keras untuk menemukan ide penyelesaian dari topik penelitiannya dan dituntut sabar dan banyak berdoa pada saat mempublikasikan hasil yang diperoleh dari topik penelitiannya.

“Untuk itu, motto tiga kerja FST UNAIR yaitu bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas bisa dijadikan pilihan untuk menjawab tuntutan tersebut,” pungkasnya. (*)

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone