LILIK K. Romadhoni dan Arina Manasika seusai meraih Juara II dalam Essai Competition Sharia Fair 2018 di Universitas Jember pada Rabu (5/9). (Foto:Istimewa)
LILIK K. Romadhoni dan Arina Manasika seusai meraih Juara II dalam Essai Competition Sharia Fair 2018 di Universitas Jember pada Rabu (5/9). (Foto:Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Lilik K. Romadhoni dan Arina Manasika, mahasiswa program studi Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, meraih Juara II dalam Essai Competition Sharia Fair 2018. Dalam event yang diadakan Universitas Jember se-Besuki Raya pada Rabu (5/9) itu, keduanya mengankat esai bertema manajemen ekonomi syariah.

Di bawah bimbingan Siti Nuraini, salah seorang dosen pengajar program studi Akuntansi PSDKU UNAIR di Banyuwangi, dua mahasiswa tersebut mengusung judul Lazisda (Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh Daerah): Strategi Pemerintah Daerah sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Daerah melalui Manajemen Ekonomi Syariah.

Saat ditemui tim UNAIR NEWS, Arina mengungkapkan bahwa banyak pengalaman yang didapat selama di sana. Keduanya bisa mendapatkan banyak masukan, ide kreatif, serta tambahan pengetahuan tentang ekonomi syariah.

”Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah kemampuan kami dalam mepresentasikan hasil karya yang telah disusun. Awalnya ragu sih dan kurang percaya diri. Namun, akhirnya kami puas banget bisa membawa pulang tropi kemenangan ini (juara II, Red),” ucapnya.

Sementara itu, Siti Nuraini menyampaikan kebangaannya atas raihan prestasi tersebut meski terbilang masih pengalaman awal bagi anak asuhnya. Ke depan, dia berharap adanya peningkatan, bukan hanya Lilik dan Arina, tapi juga mahasiswa yang lain.

Poin pentingnya selama di sana mereka bisa banyak bertemu dengan orang-orang keren dan masiswa-mahasiswa dari universitas lain. Pastinya mereka bisa bertemu orang-orang dengan banyak sekali ide-ide kreatifnya.

”Jadi, pengetahuan mereka menjadi lebih meluas, tidak hanya itu-itu,” ujar Siti.

”Melalui kegiatan itu, kami bisa menambah relasi dan menguji adrenalin juga sih sebenarnya buat maju presentasi,” tambah Arina menanggapi pernyataan pembimbingnya.

Perlu diketahui, presentasi finalis Essay Competition Sharia Fair 2018 diikuti delapan tim dari beberapa universitas di Indonesia. Kegiatan kali itu mengusung tema ”Ekonomi Syariah sebagai solusi pembangunan ekonomi di Indonesia”. Kegiatan tersebut berlokasi di Ruang Multimedia Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember.

”Upaya yang dilakukan selama ini, pertama pasti mematangkan ide penulisan, memahami isi tulisan, kemudian latihan presentasi. Lalu, kesiapan strategi saat menjawab pertanyaan, membangun rasa percaya diri, dan tentu berdoa dan berusaha semaksimal mungkin,” kata Arina soal kunci suksesnya meraih prestasi tersebut. (*)

 

Penulis: Siti Mufaidah

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone