SEJUMLAH masyarakat tengah mengurus perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di tempat parkir Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C, UNAIR, Rabu (5/9). (Foto: Agus Irwanto)
SEJUMLAH masyarakat tengah mengurus perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di tempat parkir Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C, UNAIR, Rabu (5/9). (Foto: Agus Irwanto)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Aktivitas akademik, juga kegiatan pengembangan diri yang padat, kerap menjadi salah satu alasan mahasiswa lupa memperpanjang SIM (Surat Ijin Mengemudi). Belum lagi karena asal daerah mereka yang jauh, yang membutuhkan cukup banyak waktu untuk kembali.

Menanggapi hal itu, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka Jasa Rahardja yang bekerja sama dengan Kepolisian RI (Polri) dan Universitas Airlangga menggelar acara bertajuk Police & Jasa Rahardja Go To Campus and Safety Riding pada Rabu (5/9). Acara tersebut bertempat di gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C, UNAIR.

Dalam acara itu, Polri, Khususnya dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menempatkan satu unit mobil pelayanan SIM keliling. Tepatnya di area parkir gedung ACC.

Penempatan layanan keliling itu memang ditujukan kepada mahasiswa. Bukan hanya civitas kampus, pelayanan perpanjangan SIM tersebut juga menyasar banyak warga sekitar kampus. Tampak sedari pagi puluhan pengunjung mengantre untuk memperpanjang SIM. Baik itu SIM A maupun SIM C.

”Sebagaimana kita tahu, mahasiswa UNAIR kan berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia. Diharapkan mahasiswa UNAIR bisa memanfaatkan pelayanan ini,” Bripka Ari Mahlizar, koordinator salah satu unit layanan sim keliling tersebut.

”Jadi, mahasiswa tidak harus ijin meninggalkan perkuliahan hanya untuk memperpanjang SIM mereka,” tambahnya.

Petuga dari Satlantas Polrestabes Surabaya itu menambahkan bahwa pelayanan SIM keliling kali ini juga ditujukan untuk mendukung acara Police & Jasa Rahardja Go To Campus and Safety Riding. Yakni, sebuah kegiatan yang bertujuan meyosialiasikan upaya menekan tingginya angka kecelakaan kepada masyarakat. Khususnya oleh Jasa Rahardja bersama dengan Polri kepada mahasiswa.

Terkait dengan layanan tersebut, tutur Bripka Ari, perpanjangan SIM-nya dilakukan secara online seluruh Indonesia. Artinya, pemohon perpanjangan SIM bisa berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tanpa mereka harus kembali mengurus di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di daerah masing-masing.

”Pelayanan perpanjangan SIM yang kita lakukan merupakan online seluruh Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia bisa memperpanjang SIM di sini. Tanpa harus kembali ke daerah asalnya,” kata polisi yang bertugas di unit pelayanan Perpanjangan SIM keliling di Taman Bungkul itu.

Ketika di tanya tentang adanya pelayanan perpanjangan SIM secara rutin di kampus, Bripka Ari belum bisa memberikan kepastian. Semua itu, lanjut dia, berdasar pada kebijakan Satlantas Polrestabes Surabaya.

”Kami (Polri, Red) kan pelayan publik. Artinya, kami akan selalu siap melayani masyarakat,” pungkasnya. (*)

 

Penulis: Agus Irwanto

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

 

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone