Internet Jadikan Bisnis Lebih Praktis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PPKK
Dadang Setiawan sebagai narasumber dalam sesi materi Gapura Digital. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Era digital bagai candu yang mendominasi para pengguna untuk mengonsumsi kecanggihan teknologi. Para pengguna  kian disuguhkan dengan segala macam kemudahan sebagai contoh internet. Tak terkecuali Indonesia yang menjadi salah satu negara terdampak revolusi digital.

Dikutip dari Sindonews.com berjudul “Menghadapi Era Digital” yang terbit 29 Agustus 2017, dikatakan bahwa Indonesia menjadi urutan ke-5 sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brasil. Tingkat penetrasi internet di Indonesia hingga Maret 2017 mencapai 50,4%.

Hal itu mendorong Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) UNAIR bersama Google membuka kelas bisnis online di Ruang Parlinah Perpustakaan Kampus B UNAIR (21/08). Kegiatan bertajuk “GAPURA DIGITAL” mengusung topik “Panduan Digital & Google Untuk Bisnismu”. Kelas tersebut menghadirkan pembicara Dadang Setiawan sebagai fasilitator Google Gapura Digital sekaligus IKA UNAIR.

Dalam sesi materi, Dadang sapaan akrabnya mengenalkan kepada para partisipan tentang Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) dalam membantu para pelaku usaha mengembangkan bisnis online. SEO dan SEM, menurutnya, merupakan teknik memaksimalkan kata kunci yang berkaitan dengan produk jualan baik jasa maupun barang. Hal yang berbeda dari keduanya hanya dari sisi biaya.

“Penting  sekali meningkatkan popularitas produk bisnis online wirausahawan, hal itu bertujuan menciptakan branding awareness sehingga membantu pemasaran,” lanjutnya

Dadang yang merupakan alumnus UNAIR turut membahas pentingnya membuat google my business sebagai strategi dalam berwirausaha online. Melalui google my business, tambahnya, pelanggan akan diberi informasi seputar jadwal, lokasi, dan kontak pemilik usaha. Google my business menarik pelanggan untuk yakin bahwa bisnis yang ditawarkan pemilik usaha tersebut terpercaya. Oleh sebab itu, tandasnya, para wirausahawan diminta tidak khawatir apalagi takut bila bisnis gagal. Para wirausahawan juga tidak perlu lagi berbisnis konvensional.

“Internet adalah cara jitu mengembangkan ladang bisnis dengan praktis. Go online dan bawa bisnismu berkembang lebih cepat,” pungkas Dadang

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu