FKp
Tim PPK FKp UNAIR saat di stand pameran Surabaya Great Expo 2018. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Setiap tahun Kemenristekdikti membuka program pengabdian masyarakat untuk dosen ber-NIDN dalam mengaktualisasi salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi pengabdian masyarakat. Hal itu, bagi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga diwujudkan melalui Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK).

PPK menjadi salah satu program pengabdian masyarakat FKp dengan pendanaan dari Kemenristekdikti. Inisiasi pembentukan PPK  berdasar atas analisis situasi bahwa banyak mahasiswa FKp yang tertarik kepada dunia usaha. Selain itu, lulusan FKp ke depan diharapkan juga mampu untuk menjadi nerspreneurship.

“PPK diibentuk untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki jiwa nerspreneurship sehingga diharapkan mereka dapat mengembangkan minat dan bakat,” papar Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns, M.Kep, selaku ketua PPK FKp UNAIR

Ika Nur menjelaskan, persyaratan bagi pendaftar yang minat bergabung di PPK FKp yaitu, mahasiswa minimal telah memiliki start-up usaha souvenir serta mahasiswa yang memiliki pengalaman mengikuti PKM Kewirausahaan sebelumnya. Setelah dilakukan seleksi, imbuhnya, para mahasiswa akan digembleng dengan mengikuti berbagai program yang disediakan.

“Anggota PPK yang resmi bergabung diwajibkan mengikuti serangkaian kegiatan seperti kelas kewirausahaan, penerjunan magang bagi mahasiswa, pendampingan dan pengawasan, serta pendampingan pengembangan usaha yang terstruktur,” jelasnya.

Salah satu bentuk implementasi dari PPK FKp adalah dapat mengikuti Pameran SURABAYA GREAT EXPO 2018 yang dilaksanakan di Grand City (10-14/08). Pameran SURABAYA GREAT EXPO 2018 merupakan pameran Industri, perdagangan, pariwisata, perbankan, dan produk unggulan UKM.

Pameran sendiri diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia serta pengembangan dan perluasan pasar bagi produk potensial UKM di dalam negeri.

“Partisipan tidak hanya dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi saja, perguruan tinggi negeri juga turut diundang bergabung dalam pameran tak terkecuali UNAIR,” ujar Ika Nur.

Di sini, imbuhnya, PPK FKp yang terdiri dari para mahasiswa dan alumni menyuguhkan hasil karya mereka mulai dari jilbab, souvenir dengan muatan edukasi kesehatan, produk-produk herbal, dan juga disediakan layanan cek kesehatan.

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone