RI
Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih di halaman Kantor Manajemen Kampus C UNAIR. (Foto: Feri Fenoria)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – “Kerja Kita Prestasi Bangsa ” menjadi tema besar yang diambil dalam peringatan 73 Tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Tema itu, nampaknya telah memberikan spirit bagi setiap elemen anak bangsa Indonesia untuk terus bekerja demi terciptanya prestasi yang membanggakan bagi bangsa. Tak terkecuali civitas akademika Universitas Airlangga.

Mengenai tema besar yang diusung tersebut, dalam amanat yang disampaikan pada upacara peringatan 73 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Manajemen Kampus C UNAIR (17/8), Rektor Universitas Airlangga Prof. Moh. Nasih mengatakan, jika ditarik pada ranah akademik, tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” merupakan kesatuan dari dua variabel yang memiliki makna berbeda. Menurutnya, kata “Kerja Kita” menjadi satu variabel independen yang melibatkan peran individual untuk melakukan aksi dan kerja yang nyata.

“Sedangkan kata Prestasi Bangsa  merupakan sebuah variabel dipenden yang melingkupi tataran lebih luas,” jelasnya.

Untuk itu, sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di republik ini, Prof. Nasih mengajak pada seluruh elemen civitas UNAIR yang hadir dalam upacara peringatan 73 Tahun Bangsa Indonesia untuk turut bersama melakukan kerja nyata dalam mewujudkan prestasi bangsa.

“Karena kerja civitas akademika UNAIR juga akan menentukan prestasi UNAIR. Untuk itu, mari sebagai bagian dari anak bangsa, kita harus bekerja degan mengerahkan semua tenaga yang kita miliki, untuk prestasi UNAIR dan prestasi bangsa,” tegasnya.

Sebelum menutup amanat, Prof. Nasih juga kembali mengingatkan kembali tentang tema besar dies natalis UNAIR yakni “Untuk Indonesia Adil dan Beradab”. Tema itu diharapkan bisa menjadi salah satu landasan semangat seluruh civitas untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang adil dan beradab.

“Kita juga harus ingat bahwa semangat kerja kita semua akan turut mewujudkan Indonesia yang adil dan beradab,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone