ADINDA Putri berhasil menjadi Miss Earth Indonesia Animal Welfare 2018 dalam ajang Pemilihan Miss Earth Indonesia 2018 pada Jumat (6/7) di Sun City Hotel, Jakarta. (Foto: Istimewa)
ADINDA Putri berhasil menjadi Miss Earth Indonesia Animal Welfare 2018 dalam ajang Pemilihan Miss Earth Indonesia 2018 pada Jumat (6/7) di Sun City Hotel, Jakarta. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Adinda Putri, mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga, berhasil menjadi Miss Earth Indonesia Animal Welfare 2018 dalam ajang Pemilihan Miss Earth Indonesia 2018 pada Jumat (6/7) di Sun City Hotel, Jakarta. Dia juga dinobatkan sebagai Top 5 Best National Costume dan Top 5 Best Evening Gown. Sebelum menjadi finalis, Adinda terlebih dahulu melewati tahap seleksi yang meliputi pembuatan esai tentang lingkungan dan interview.

Selama menjadi finalis, mahasiswa pehobi modeling tersebut merasa tidak memiliki kendala yang cukup berarti. Bahkan, Adinda mengaku sangat senang karena dapat bertemu dengan finalis yang lain dari seluruh Indonesia. Termasuk bertemu dengan para pembicara hebat yang belum pernah dibayangkan Adinda sebelumnya.

”Pengetahuan saya terhadap alam semakin luas. Mulai di sekitar kita, cara mengelolah sampah yang baik, cara menjaga biota laut, mencari upaya agar tidak terjadi pencemaran air dan udara, pengetahuan tentang illegal logging, penggunaan emisi gas yang baik, dan pelestarian satwa langka. Saya memperlajari banyak hal mengenai beberapa macam aspek di alam,” tuturnya.

Selama dua minggu menjalani karantina, menurut Adinda, pengalaman yang paling menyenangkan selama mengikuti ajang itu adalah bisa berinteraksi langsung dengan alam. Misalnya, bermain dengan hewan, berkeliling di sekitar sawah, dan outbound yang mengharuskan dirinya berinteraksi dengan air.

”Selain itu, kami memberikan edukasi kepada masyarakat di car free day (CFD) Jakarta untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dan, mengganti tas plastik menjadi tas yang ramah lingkungan yang kami bagikan secara gratis. Tas-tas tersebut kami buat sendiri dari kaos-kaos yang tidak terpakai,” tutur Miss Indonesia Kalimantan Timur 2015 tersebut.

Adinda juga memberikan tips kepada para peserta yang ingin mengikuti ajang itu. Tips tersebut, antara lain, melakukan persiapan secara mendalam terkait pengetahuan tentang alam, kritis kepada isu-isu lingkungan, melatih public speaking, dan catwalk. Yang terpenting adalah mental dan fisik yang prima guna menambah kepercayaan diri saat bertemu dengan banyak orang.

”Untuk tugas utama akan diberikan management di Jakarta. Berhubung saya di Surabaya, mungkin ke depan saya akan bekerja sama dengan kebun binatang, taman safari, dan komunitas-komunitas hewan di Surabaya. Sebab, saat ini saya juga masih bekerja. Jadi, masih mengatur waktu sebaik-naiknya,” katanya saat ditanyai soal tugas dan kewajibannya setelah menjadi Miss Earth Indonesia Animal Welfare. (*)

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Feri Fenoria Rifa’I

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone