Akuntansi
Foto bersama peserta VOC bersama Kepala Program Studi Akuntansi PSDKU UNAIR Banyuwangi, AA. Gde Agung Satia Utama, SE., M.AK., CA. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mahasiswa program studi Akuntasi PSDKU Universitas Airlngga di Banyuwangi laksanakan kunjungan ke beberapa perusahaan dan instansi di Surabaya. Visit of Company (VOC) adalah nama dari kegiatan tersebut. VOC sendiri merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi dan sudah berjalan di tahun ke dua.

“VOC tahun ini sudah berjalan di tahun kedua, kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tahun 2017 oleh kepengurusan HMA sebelumnya, dan tahun kemarin tujuannya yaitu kota Malang, sedangkan tahun ini kita mengambil tujuan di Surabaya,” tutur Rista Meilia Pratiwi selaku ketua pelaksana VOC 2018.

Kota-kota besar selalu menjadi tujuan utama dari VOC, menurutnya, karena di kota-kota besar seperti Malang dan Surabaya terdapat perusahaan dan instansi yang cocok dengan kriteria tujuan VOC, yaitu memiliki sistem akuntansi yang baik. Perusahaan dan instansi di Surabaya yang menjadi tujuan dari VOC antara lain, Bank Indonesia Surabaya, Dirjen Pajak, PT. Campina Ice Cream Industry, dan Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Jawa Timur.

“Kami memilih empat lokasi ini, karena saya rasa kami dapat belajar banyak tentang akuntansi di perusahaan dan instansi ini. Selain itu kami juga punya luaran dari kegiatan VOC ini yaitu dapat menjalin relasi dengan perusahaan atau instansi tujuan, siapa tau diantara kami nanti ada yang bisa bekerja di perusahaan itu,” imbuh mahasiswi Akuntansi angkatan 2016 tersebut.

Tujuan utama dari VOC adalah untuk menambah wawasan seputar akuntansi di perusahaan dan instansi pemerintahan. Meskipun, tandasnya, materi akuntansi sudah mereka (mahasiswa akuntansi, red) lahap hampir setiap hari di bangku perkuliahan.

“Namun hal itu tidak cukup, karena bagi mahasiswa pengalaman di lapangan lebih memperkuat pemahaman tentang dunia akuntansi,” jelasnya.

Pada akhir, mahasiswa yang akrab disapa Rista itu mengatakan bahwa kegiatan VOC yang dilaksanakan pada tahun 2018 diikuti oleh 23 perserta yang terdiri dari 22 mahasiswa angkatan 2016 dan 1 mahasiswa angkatan 2017.

“Kegiatan VOC yang bertujuan ke Surabaya tahun ini memang dikhususkan untuk angkatan 2016, karena angkatan 2016 dirasa sudah cukup mendapatkan materi tentang akuntansi di kelas, sehingga bisa lebih mudah untuk memahami materi tentang akuntansi yang disampaikan di lapangan,” pungkasnya.

Penulis: Bastian Ragas

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone