Publikasi
Ilustrasi oleh Alifian Sukma
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Berangkat dari Peraturan Rektor No. 36 Tahun 2017, Universitas Airlangga terus meningkatkan upaya untuk menjalankan program Doctor by Research. Pada Pasal 2 PR 36 Tahun 2017, Pendidikan Program Doktor Berbasis Riset merupakan pendidikan yang terstruktur yang terdiri dari pendidikan kemampuan lanjut dan kekhususan serta penelitian mandiri; mengikuti Sistem Kredit (SKS) dengan beban studi yang diukur dengan satuan kredit semester (sks); dan kegiatannya diselenggarakan melalui seminar berkala, belajar mandiri, komunikasi ilmiah, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan pengabdian masyarakat.

Penyelenggaraan pendidikan Program Doktor dilakukan sesuai dengan kalender akademik Universitas yang ditetapkan oleh rektor. Kalender akademik sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) terdiri atas semester gasal dan semester genap.

Tujuan program tersebut adalah untuk meningkatkan publikasi Internasional UNAIR dengan menjalankan program Doctor by Research yang telah dijalankan oleh beberapa Universitas di Dunia. Program itu, lebih fokus kepada peran para mahasiswa dapat mempubilkasikan bebeberapa penelitian di kancah Internasional.

Selaras dengan misi UNAIR dalam mencapai WCU 500, diharapkan beberapa program studi pascasarjana, khususnya S3 untuk dapat bersimpangsih dalam menjalankan program Doctor by Research tersebut.

Di UNAIR sendiri sudah berjalan program Doctor by Research tersebut, hal ini tentu telah di dukung penuh oleh Rektor Universitas Airlangga dengan mengeluarkan Peraturan Rektor Nomor. 36 Tahun 2017 terkait detail program Doctor by Research.

Terdapat 2 Prodi S3 UNAIR yang telah menjalankan program Doctor by Research yaitu S3 Ilmu Kedokteran Gigi, dan S3 Fakultas Keperawatan yang dimulai pada tahun ini semenjak Pengukuhan Mahasiswa Baru Pascasarjana 08 Agustus 2018. Sementara terdapat 2 Prodi yang sudah siap untuk menjalankan Program Doctor by Research ini yaitu S3 Farmasi dan S3 Ilmu Kesehatan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Untuk dapat mengetahui detail lebih lanjut dapat membuka laman di PPMB.UNAIR.AC.ID terkait mekanisme pendaftaran untuk program Doctor by Research.

 

Penulis: Alifian Sukma

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone