2. PENAMPILAN tari reog dari mahasiswa FISIP yang tergabung dalam komunitas pecinta seni Airlangga Taruna Budaya. (Foto: Istimewa)
2. PENAMPILAN tari reog dari mahasiswa FISIP yang tergabung dalam komunitas pecinta seni Airlangga Taruna Budaya. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook1Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga menggelar pembukaan orientasi mahasiswa baru FISIP yang dikenal dengan nama UFO (United FISIP Orientation) pada Kamis (9/8). Hadir dengan inovasi baru, UFO 2018 dikemas secara apik dan lebih menarik.

Mengusung tema “Indonesia 3.0”, salah satu fokus tujuan kegiatan itu adalah membentuk mahasiswa yang mampu berpikir kritis di tengah derasnya arus informasi. Termasuk memperdalam wawasan tentang identitas bangsa.

Mengawali semangat pagi, acara dibuka dengan flashmob oleh seluruh panitia beserta 758 mahasiswa baru FISIP. Dengan dipandu beberapa instruktur, semua peserta sangat antusias mengikuti gerak tarian yang khusus dibuat untuk menyambut mahasiswa baru.

Bukan hanya itu, rupanya panitia masih menyimpan kejutan yang lain. Seusai flashmob, mahasiswa baru disuguhi penampilan Reog Ponorogo oleh sekelompok mahasiswa FISIP. Mereka tergabung dalam komunitas mahasiswa pegiat seni bernama Airlangga Taruna Budaya. Hal tersebut menjadi sesuatu yang baru dilakukan sepanjang sejarah UFO FISIP dihelat.

Tampilan itu sekaligus membuktikan bahwa kegiatan tersebut tak hanya berorientasi pada penanaman jiwa nasionalis dan demokratis yang identik pada sosok mahasiswa FISIP. Melainkan, mahasiswa juga memiliki kepedulian akan pelestarian warisan seni dan kebudayaan negeri.

Pembukaan kali ini dihadiri Dekan FISIP UNAIR Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si., beserta jajarannya, Presiden BEM FISIP UNAIR, dan alumni. Sebelum menginjak acara inti, yakni pengesahan pembukaan UFO 2018, Dr. Falih menyampaikan sambutannya di hadapan mahasiswa baru. Mahasiswa dimbau senantiasa peduli terhadap isu dan permasalahan sosial di sekitarnya.

”Jadilah mahasiswa yang menjaga pluralisme dan demokrasi. Mahasiswa yang peduli terhadap keadilan dan kemiskinan. Sebab, di FISIP kalian dididik menjadi mahasiswa yang kritis, pluralis, dan demokratis,” tuturnya.

PANITIA dan mahasiswa baru melakukan flashmob. (Foto: Istimewa)
PANITIA dan mahasiswa baru melakukan flashmob. (Foto: Istimewa)

Seusai memberikan sambutan, Dr. Falih secara resmi mengesahkan pembukaan UFO 2018 disertai dengan penerbangan balon. Tak lupa mahasiswa baru secara bersama-sama mengikrarkan sumpah mahasiswa yang dipimpin Presiden BEM FISIP UNAIR Muhammad Luthfi Al-Jufri.

Selepas pengesahan, mahasiswa baru dimobilisasi menuju ruangan untuk melanjutkan rangkaian acara berikutnya. Yakni, sharing bersama alumni, sosialisasi organisasi intra kampus, dan display Badan Semi Otonom (BSO). Tak sekadar penyampaian materi di kelas, dalam UFO, mahasiswa baru juga dituntut untuk proaktif melalui kegiatan diskusi, roleplay hingga manajemen aksi.

Perlu diketahui, UFO akan dilaksanakan selama tiga hari. Yakni, dimulai pada Kamis (9/8) dan akan berakhir pada Sabtu (11/8). (*)

Penulis: Zanna Afia Deswari

Editor: Feri Fenoria Rifa’I

ShareShare on Facebook1Tweet about this on Twitter0Email this to someone