Amerta
Prof. Dr. Djoko Santoso, Ph.D., K-GH., FINASIM., didampingi para tamu undangan membuka kegiatan Panca Tirta Display UKM yang bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru bahwa UNAIR memiliki wadah untuk mengaktualisasikan segala potensi minat dan bakat yang dimiliki. (Foto: M. Najib Rahman)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Setelah melakukan roleplay yang bertujuan agar mahasiswa kritis terhadap suatu permasalahan yang terjadi. Ditambah dengan mendonasikan buku serta permainan bagi yang membutuhkan, mahasiswa baru kemudian mengikuti kegiatan yang memberikan pengetahuan tentang internal Universitas Airlangga.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Amerta 2018, dalam “Liputan Khusus Amerta untuk Ksatria Muda Airlangga”, kali ini  UNAIR NEWS akan menyajikan kegiatan Amerta Candradimuka.

Pada gelaran Angkatan Muda Ksatria Airlangga (Amerta) Candradimuka kali ini, mahasiswa baru diajak untuk mengenal lebih jauh mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Airlangga. Ialah Panca Tirta Display UKM, yaitu kegiatan yang ditujukan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru bahwa UNAIR memiliki wadah untuk mengaktualisasikan segala potensi minat dan bakat yang dimiliki.

Bertempat di Student Center Kampus C Universitas Airlangga, acara tersebut dibuka oleh Wakil Rekor I Universias Airlangga, Prof. Dr. Djoko Santoso, Ph.D., K-GH., FINASIM., pada Senin, (6/8). Pembukaan Panca Tirta Display UKM tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Prof. Djoko bersama para undangan.

Prof. Djoko mengatakan, melihat potensi akademik dan non akademik saat ini di tahun 2019 UNAIR bisa mencapai peringkat 630 dunia. Namun, hal itu akan tercapai jika seluruh mahasiswa ikut mendukung cita-cita tersebut. Salah satunya dengan menyemarakkan kegiatan UKM yang tidak hanya di level lokal dan nasional, namun juga di level dunia.

“Untuk itu adik-adik semua harus aktif di kegiatan UKM dan menghubungi sejawatnya di luar negeri untuk mengetahui UKM apa saja yang ada di satuan global. Setelah itu buatlah kegiatan yang sifatnya rekognisi internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Abdul Chaq selaku koordinator Panca Tirta mengatakan tujuan display UKM untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru bahwa UNAIR memiliki wadah untuk mengaktualisasikan segala potensi minat dan bakat yang dimiliki. Yang nantinya, mahasiswa baru bisa berprestasi  tidak hanya di ranah akademis saja tapi juga di ranah non akademik.

“Display UKM ini bersifat wajib bagi mahasiswa baru karena kegiatan ini sudah mendapat SK Rektor,” tambahnya.

Alur Panca Tirta Display UKM, lanjutnya, yaitu tiap garuda diberi waktu 45 menit untuk mengelilingi Student Center yang berisi berbagai UKM. Mahasiswa baru juga dipersilahkan untuk menikmati persembahan dari berbagai UKM yang ada.

Kegiatan Panca Tirta tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yang mana 16 garuda bergantian untuk mengelilingi Student Center. Mahasiswa baru juga diberikan booklet untuk laporan magang di UKM yang diminatinya saat aktif kuliah nanti.

Penulis: M. Najib Rahman

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone