IKA
Ahmad Hidayat saat memberikan paparan dihadapan alumni lainnya. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS –  Sebagai alumni dari institusi pendidikan yang berkualitas, alumni Universitas Airlangga tidak henti memberikan sumbangsih kepada almamater dan bangsa pada bidang keahlian masing-masing. Kali ini, melalui Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Wilayah DKI Jakarta menggelar silaturahmi yang dikemas dengan Talkshow dengan tema “Membangun Kemandirian Bangsa”.

Bertempat di Soehana Hall The Energy Building, Jakarta pada Minggu (5/8), IKA UA Wilayah DKI Jakarta melangsungkan Talkshow dengan pemateri Ahmd Hidayat. Alumni UNAIR yang kini berprofesi sebagai Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam paparannya Ahmad Hidayat menyatakan bahwa  pendidikan dapat menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan devisa negara.

Ia mencontohkan upaya Pemerintah Australia dalam mengatur pendapatan negara dengan melibatkan salah satu sektor terpenting yakni pendidikan. Selain sebagai salah satu indikasi kemajuan bangsa, imbuhnya, pendidikan juga menjadi jalan untuk menguatkan ekonomi bangsa.

“Sebagai peningkatan devisa negara kita, bangsa ini bisa belajar dari Australia. Yakni dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan dengan demikian bisa mendatangkan mahasiswa asing untuk studi di Indonesia, ini bisa meningkatkan devisa kita,” ujarnya. “Khsusnya UNAIR, kita sebagai alumni harus turut meningkatkan kualitas pendidikan almamater,” imbuhnya.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Ahmad menegaskan bahwa komunikasi dengan kebutuhan di lapangan harus menjadi perhatian. Hal itu, baginya, bisa menjadikan lulusan yang akan terjun di dunia kerja bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

“Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kampus harus bisa menguatkan komunikasi dengan pasar,” tandasnya. “Kita sebagai IKA UA di Jakarta harus turut meningkatkan kualitas pendidikan almamater dan bangsa,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone