Beasiswa Karya Salemba Empat Siap Sambut Ksatria Airlangga

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KSE
Ilustrasi oleh kse.or.id

UNAIR NEWS – Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) merupakan beasiswa yang memberikan dukungan dana berupa tunjangan beasiswa dan program-program pengembangan soft skill. Salah satu tujuan KSE adalah membantu mahasiswa yang kurang mampu agara terus melanjutkan pendidikan dan memajukan anak bangsa.

Bertempat di Aula Kahuripan 300 Kantor Manajemen Universitas Airlangga, KSE melakukan seleksi wawancara bagi para pendaftar pada Sabtu, (21/7). Wawancara tersebut dihadiri oleh 206 mahasiswa.

Siska Mayasari Yohana selaku koordinator KSE Universitas Airlangga mengatakan para peserta tidak hanya berasal dari Universitas Airlangga saja. Namun ada yang berasal dari Universitas Brawijaya (UB) serta Institut teknologi Sepuluh November (ITS).

“Tidak ada persyaratan khusus bagi yang mendaftar,” tambah mahasiswa Kedokteran Hewan tersebut.

Akan tetapi, tambah Yohana, mahasiswa yang mendaftar KSE akan dilihat dari segi finansialnya. Hal itu dikarenakan beasiswa KSE tersebut diutamakan bagi mahasiswa yang kurang mampu. Selain itu, mahasiswa yang mendaftar juga dilihat bagaimana nasionalismenya dan keaktifan di organisasi.

Yohana menuturkan, calon penerima beasiswa KSE diwajibkan untuk mengikuti beberapa proses seleksi. Seleksi awal yang harus diikuti bagi para peserta ialah seleksi online.

“Setelah itu para peserta diharuskan untuk mengikuti seleksi wawancara seperti sekarang ini,” tambahnya.

Mengenai jumlah kuota yang diterima, masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN)  mendapat kuota yang berbeda-beda. Yang mana kuota itu tergantung dari donatur yang ingin memberikan bantuan.

“Tetapi KSE selalu berusaha menambah kuota setiap tahunnya,” ungkapnya.

Menurut Yohana, UNAIR dipilih sebagai tempat wawancara karena sekaligus untuk menyambung silaturahmi dengan UNAIR. Yang mana, penerima beasiswa KSE dari beberapa universitas di sekitar UNAIR berkumpul dalam satu tempat.

Lanjut Yohana, nantinya pendaftar beasiswa KSE yang diterima akan mendapat dana tunjangan untuk membantu proses belajar mahasiswa. Pendaftar yang diterima juga dituntut untuk aktif dalam keorganisasian. Selain itu, diharapkan pendaftar yang lolos agar bisa berkontribusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“KSE berharap mahasiswa nantinya menjadi lulusan yang berintegritas. Tidak hanya itu, KSE juga berharap mahasiswa siap berkontribusi untuk pemberdayaan Indonesia,” tutupnya.

Penulis : M. Najib Rahman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu