Alumni Beri Motivasi Mahasiswa Baru Bidikmisi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Aditya Sura Pratama saat memberikan motivasi dan semangat dihadapan 753 calon mahasiswa baru penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Airlangga bersama perwakilan orang tua, di Airlangga Convention Center (ACC), Senin (23/7). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Sejumlah 753 calon mahasiswa baru penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Airlangga bersama perwakilan orang tua memadati gedung Airlangga Convention Center (ACC), Senin (23/7). Mereka menghadiri undangan penyambutan dan pendampingan mahasiswa baru (SAMBA) yang digagas oleh Organisasi Bidikmisi Universitas Airlangga (AUBMO) bersama Direktorat Kemahasiswaan UNAIR.

Dari jumlah 753 calon mahasiswa itu, sejumlah 418 mahasiswa masuk melalui jalur SNMPTN dan 335 pada jalur SBMPTN. Sebagai bentuk dorongan semangat kepada calon mahasiswa Bidikmisi, dalam SAMBA ini AUBMO mengundang salah seorang alumni sukses Bidikmisi UNAIR untuk menjadi pembicara sekaligus motivator.

Adalah Aditya Sura Pratama, alumni S1 Akuntansi UNAIR angkatan 2012 yang kini menjabat sebagai Accounting Staff di PT Sinar Group sejak tahun 2017. Laki-laki asal Bojonegoro ini sebelumnya juga pernah menjabat sebagai auditor, Institutor Outbond CARTEN HRD, sekaligus founder Gerai Colour Advertising.

Di hadapan hampir seribu lima ratus tamu undangan, Adit mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa Bidikmisi yang diterima di UNAIR. Sebagaimana yang dikatakan oleh Rektor UNAIR Prof Moh Nasih ketika memberikan sambutan, Adit menekankan bahwa para calon mahasiswa Bidikmisi ini adalah orang-orang pilihan yang berhasil menyisihkan ribuan pesaing dari berbagai jalur masuk.

Mereka yang hadir telah terdaftar sebagai calon penerima Bidikmisi 2018. Artinya, kata Adit, calon mahasiswa memiliki tanggung jawab lebih dibandingkan dengan mahasiswa lainnya.

Tak hanya memberikan gambaran terkait dunia perkuliahan, Adit juga membagikan kisah hidupnya selama menjadi mahasiswa. Tak lupa, ia memberikan tips belajar hingga berhasil menjadi salah satu lulusan terbaik UNAIR dan menuai kesuksesan karir hingga sekarang.

Ia mengimbau kepada seluruh calon mahasiswa agar dapat merencanakan tujuan hidup sejak awal. Ia menuturkan, hobi dalam membuat life mapping sejak duduk di tahun pertama hingga lulus. Hal tersebut membuat Adit dapat mencapai visi misi hidup secara terstruktur.

Aditya Sura Pratama (kanan) alumni S1 Akuntansi UNAIR angkatan 2012 yang kini menjabat sebagai Accounting Staff di PT Sinar Group sejak tahun 2017, bersama Abdul Rochman (ketua pelaksana SAMBA 2018). (Dok. Pribadi)

“Tulis apapun yang ingin kalian lakukan dan target yang ingin dicapai. Kedua, maksimalkan IPK di semester pertama. Ketika itu tercapai, maka ada semangat dan peluang untuk bisa meningkatkan nilai di semester berikutnya, atau bahkan meraih predikat cumlaude,” terang Adit.

“Setelah ‘mengunci’ IPK yang baik, maka di semester selanjutnya kita bisa lebih leluasa mengembangkan diri untuk mengikuti organisasi maupun berbagai kompetisi atau lomba,” tambahnya.

Adit menambahkan, tanggung jawab mahasiswa Bidikmisi bukan hanya terhadap negara atau pemerintah yang secara langsung memberikan bantuan dana pendidikan. Namun juga tanggung jawab untuk ikut andil meningkatkan taraf hidup orang-orang yang secara tidak langsung menyumbang dana bagi biaya pendidikan mahasiswa Bidikmisi.

Pada akhir, Adit berpesan kepada seluruh calon mahasiswa yang hadir untuk senantiasa menjaga ibadah dan menghormati kedua orangtua. Kedua hal itu menjadi salah satu kunci keberhasilan yang terbukti mengantarkan dirinya hingga mampu menjadi sosok inspiratif seperti saat ini. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu