Tingkatkan Kepedulian Sosial, AUBMO Adakan Bidikmisi Berkurban

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Organisasi mahasiswa Bidikmisi UNAIR AUBMO mengadakan Bidikmisi Berkurban di di Desa Sukomanunggal Baru PJKA RT 03 RW 05, Kota Surabaya, 21-22 Agustus mendatang. (Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Dalam waktu dekat umat muslim akan merayakan Idhul Adha atau Idhul Kurban yang identik dengan adanya proses penyembelihan hewan kurban. Turut merayakan hari raya umat Muslim tersebut, Organisasi Bidikmisi Universitas Airlangga (AUBMO, -red) mengadakan program Bidikmisi Berkurban yang akan dilaksanakan pada 21-22 Agustus mendatang bertempat di Desa Sukomanunggal Baru PJKA RT 03 RW 05, Kota Surabaya.

Siti Shaomianah selaku koordinator kegiatan menuturkan, Bidikmisi Berkurban secara struktural merupakan bagian dari program kerja Kementrian Pengabdian Masyarakat AUBMO yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha. Kegiatan pengabdian itu bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi (ukhuwah islamiyah) baik antar mahasiswa bidikmisi UNAIR maupun antara UNAIR dan warga Sukomanunggal.

“Tujuan terpenting dari Bidikmisi Berkurban ini adalah untuk meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama,” tambahnya.

Mahasiswa yang akrab dipanggil Shaomi itu menambahkan, Bidikmisi Berkurban ditujukan bagi masyarakat Sukomanunggal yang kurang mampu dari segi ekonomi. Yang mana mereka belum bisa mengadakan penyembelihan hewan kurban secara mandiri.

Lanjut Shaomi, sebagai mahasiswa bidikmisi yang secara ekonomi memiliki keterbatasan yang sama, mendorong untuk terwujudnya kegiatan Bidikmisi Berkurban. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah pengabdian serta sarana berbagi kebahagiaan bagi sesama yang kurang mampu di Desa Sukomanunggal.

“Program ini sangat penting untuk mengembangkan kemampuan soft skill mahasiswa UNAIR dalam kehidupan bermasyarakat. Karena pada kegiatan Bidikmisi Berkurban ini tidak sekedar memotong hewan kurban saja, tetapi ada banyak kegiatan yang mengaharuskan kita berinteraksi langsung dengan masyarakat,” terangnya.

Susunan kepanitiaan Bidikmisi Berkurban tidak hanya mahasiswa bidikmisi saja, tetapi juga bekerja sama dengan warga Sukomanunggal RT 03. Dalam hal ini, panitia diwakili anggota karang taruna, takmir masjid, ketua RT, dan  unsur masyarakat lain.

“Kegiatan Bidikmisi Berkurban ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari seluruh masyarakat UNAIR khususnya, maupun para donatur. Oleh karena itu kami dari panitia Bidikmisi Berkurban akan sangat menerima segala bentuk bantuan dan donasi baik berupa uang, hewan kurban, atau pakaian layak pakai,” tuturnya.

Shaomi menambahkan, donasi yang terkumpul akan disalurkan langsung untuk masyarakat Sukomanunggal. Selain itu, panitia juga mengadakan kegiatan menjual pakaian bekas layak pakai untuk lebih menyukseskan kegiatan.

“Berapapun donasi yang diberikan, sangat bermanfaat untuk kegiatan ini. Bukan seberapa besar yang dapat kita berikan, tapi seberapa manfaat yang mampu kita berikan untuk saudara-saudara kita,” pungkasnya. (*)

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu