Rakerpim
Rektor UNAIR Prof. Nasih saat memberikan arahan dalam rapat kerja pimpinan triwulan dua 2018. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Setiap tiga bulan sekali, seluruh pimpinan di lingkungan Universitas Airlangga melangsungkan rapat kerja pimpinan. Acara tersebut bertujuan untuk mendiskusikan berbagai hal seperti evaluasi kerja, perencanaan kegiatan, dan penataan berbagai aspek yang bisa mendorong kemajuan almamater.

Kali ini, seluruh pimpinan di lingkungan Universitas Airlangga melangsungkan rapat kerja pimpinan triwulan kedua di Aula Selasar lantai 4 pada Jumat (20/7). Dipimpin langsung oleh Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih, rapat kerja pimpinan dibuka dengan berbagai laporan prestasi dan berbagai catatan kinerja serta capaian yang harus dibenahi oleh seluruh pimpinan UNAIR.

“Kabar baiknya beberapa prodi kita sudah bersiap akreditasi ASIIN. Pekan kemarin Menristekdikti juga baru meresmikan Teaching Industry Stem Cell dan Rumah Sakit Hewan Pendidikan yang kita punya,” tutur Prof. Nasih.

Mengenai beberapa program studi seperti S1 Akuakultur, S1 Kedokteran Hewan, dan S1 Kedokteran Gigi yang akan melangsungkan akreditasi ASIIN serta peresmian dua fasilitas unggulan yang ada di UNAIR, rektor mengimbau kepada seluruh pimpinan untuk lebih meningkatkan kualitas dan mutu sumber daya manusia sebagai pengelola.

“Adanya fasilitas unggulan seperti RS Hewan Pendidikan yang telah diresmikan, saya harap hal ini juga menjadi dorongan untuk meningkatkan riset,” jelasnya.

Selanjutnya, mengenai kuantitas dan kualitas riset yang telah dicapai, Prof. Nasih menilai bahwa jika dibandingkan tahun lalu, capaian jurnal yang terindeks scopus sudah lebih baik. Tercatat, pada tahun  lalu hanya tercapai sekitar 400 jurnal scopus dalam satu tahun, kini di semester pertama sudah bisa mencapai 357 jurnal yang terindeks scopus.

“Tahun ini memang bisa lebih baik dari tahun kemarin perihal capaian jurnal yang terindeks scopus. Namun, jika melihat target yang kita inginkan bisa mencapai angka ribuan, nampaknya itu masih butuh kerja keras,” papar Prof. Nasih.

Sebelum memberikan kesempatan kepada pimpinan fakultas dan lembaga untuk memberikan laporan kinerja, Prof. Nasih kembali menegaskan bahwa perihal publikasi memang harus mendapatkan perhatian lebih.

“Karena untuk meningkatkan hal itu, perlu ada langkah praktis dan taktis,” tandasnya.

 

Penulis: Nuri Hermawan

 

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone