Surabali
Peserta SURABALI 2018 berfoto bersama sebelum kelas Sociopreneurship dimulai. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook22Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kian memantapkan langkah untuk menunjukkan kiprahnya di kancah nasional maupun internasional. Kali ini, bersama Universitas Kristen Petra (UKP) dan Universitas Udayana (UNUD), untuk pertamakali UNAIR menyelenggarakan Join Summer Program bertajuk SURABALI yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara.

SURABALI 2018 menjadi salah satu program musim panas yang diselenggarakan oleh Airlangga Global Engagement (AGE) pada tahun ini. Acara ini rencananya akan berlangsung selama hampir dua minggu, dan telah dimulai pada Sabtu (14/7) lalu.

Terdapat 57 mahasiswa yang menjadi peserta SURABALI 2018. Sekitar 44 orang dari mereka adalah mahasiswa asing yang berasal dari China, India, Taiwan, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Korea Selatan, sedangkan 12 orang di antaranya merupakan mahasiswa lokal yang menjadi delegasi konsorsium pelaksana kegiatan.

Kegiatan ini merupakan tipikal summer program dengan sistem kredit transfer, di mana mahasiswa tidak hanya melakukan kegiatan belajar di kelas melainkan juga akan melakukan kunjungan di beberapa tempat di Surabaya dan Bali untuk mengenalkan ecotourism dan pemberdayaan UKM setempat.

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan, pada Selasa (17/7) AGE mengadakan kelas Sociopreneurship bagi para peserta bertempat di Aula Prof. Miendrowo Prawirodjoemeno, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Mengangkat tema Sociopreneurship, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sociopreneurship kepada mahasiswa serta mencetak jiwa kewirausahaan yang diharapkan tidak hanya mencari keuntungan bagi diri sendiri namun juga bermanfaat bagi lingkungan sosial di sekitarnya. Peserta mengikuti kelas Sociopreneurship yang diampu oleh salah satu dosen FEB dengan antusias.

“Karena ini merupakan program musim panas gabungan, jadi mata kuliahnya dibagi di tiga tempat. Di UNAIR, peserta mempelajari dasar teori Sociopreneurship, kemudian nanti kita pindah ke UKP untuk memperdalam bisnis model kanvas, sedangkan di Udayana, peserta akan terjun langsung ke UKM-UKM,” terang Cicilia Deandra Mayaputri, selaku Administrator of International Program Development sekaligus Program Coordinator Airlangga Global Engagement (AGE).

Sementara itu, Farah, selaku staff international program development AGE juga menambahkan bahwa kegiatan ini telah diirencanakan dan diinisiasi oleh international office UNAIR sejak Agustus tahun lalu.

“Karena AGE punya banyak summer program, jadi kali ini kita ingin membentuk join summer program yakni SURABALI yang merupakan kolaborasi tiga universitas. Setelah terbentuk konsorsium tersebut, akhirnya kita mencoba untuk ikut hibah hibah Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) dan Alhamdulillah kita berhasil memenangkan sayembara tersebut dan memperoleh dana dari Kemenristekdikti,” jelasnya.

Tak melulu soal materi kuliah, para peserta juga mendapat kesempatan untuk belajar tentang kebudayaan Indonesia. Peserta dibagi menjadi lima kelompok kecil untuk berlatih tari saman bersama dua atau tiga orang pemandu dalam setiap kelompok. Loveleen, salah satu peserta dari India mengaku sangat senang dapat mengikuti program ini.

“Dengan mengikuti program ini, saya bisa bertemu banyak orang baru, mahasiswa dari berbagai negara. Meskipun ada banyak summer program di India, namun progam ini unik dan sangat menarik. Hal yang paling menarik bagi saya adalah ketika kami belajar menari tari saman yang merupakan tari tradisional Indonesia. Rasanya sangat sulit ketika kami harus menari sambil bernyanyi dengan gerakan yang sulit,” ujarnya bersemangat.

Usai menyelesaikan serangkaian kegiatan di UNAIR, selanjutnya para peserta akan melaksanakan kegiatan belajar di UKP pada Rabu (18/7) besok. Sebelum kemudian kegiatan berlanjut di Universitas Udayana hingga 26 Juli  mendatang.

Penulis: Zanna Afia Deswari

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook22Tweet about this on Twitter0Email this to someone