losion kulit
INILAH packaging produk “Losion Terangkanlah”, membantu rasa percaya diri dalam berpenampilan. (Foto: Dok PKMK).
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Lima orang mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga yaitu Raihan Anando, Veredita Rusydiana, Izzatidiva Khairunnisa, Zilvana Nurul Iza dan Diana Permata Sari berhasil berinovasi membuat losion berbahan dasar ekstrak teripang dan ekstrak pisang.

Memilih dari ekstrak teripang atau gamat dan ekstrak pisang? Dikatakan Raihan Anando, ketua tim peneliti, karena teripang punya potensi untuk memutihkan kulit dan sebagai anti kerut. Sedangkan ekstrak pisang berpotensi untuk memudarkan noda bekas luka.

Dibawah bimbingan Ir. Elly Ana, M.Si, staff pengajar FST Universitas Airlangga, kelima mahasiswa berhasil menuangkan penelitiannya pada proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK). Mereka bersyukur bahwa proposal ini berhasil lolos seleksi Dikti, sehingga memperoleh hibah dana pengembangan dari Kemenristekdikti dalam program PKM tahun 2018.

Ditambahkan oleh Raihan, ide awal pembuatan losion ini bermula dari adanya keprihatinan terhadap pola pikir masyarakat yang berasumsi bahwa dirinya merasa tidak berharga karena kurangnya kepercayaan diri atau pede. Mereka merasa kurang sempurna terutama dalam hal berpenampilan.

”Selain itu, inovasi ini juga karena melimpahnya teripang dan pisang di Indonesia, sehingga perlu adanya pemanfaatan untuk menjadikan bahan baku teripang dan pisang menjadi produk yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam menjaga penampilan kulit mereka,” katanya.

losion kulit
PARA personil PKMK yang l menawarkan losion berbahan dasar ekstrak teripang dan ekstrak pisang. (Foto: Dok PKMK)

Dikutipkan sebuah hasil Litbangkan (1998), hasil penelitian di China menunjukkan teripang merupakan makanan yang mempunyai khasiat medis. Teripang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit karena mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan untuk perawatan kulit agar kulit tetap sehat dan tampil lebih cantik.

Senyawa-senyawa tersebut adalah kolagen, Gamapeptide, Mukopolisakarida serta Cell Growth Factor. Manfaat yang dapat dirasakan adalah kulit menjadi lebih elastis dan lebih cerah karena proses regenerasi sel mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Efek farmakologi dari tanaman pisang adalah anti-ulcer, penyembuh luka, antioksidan, penangkal untuk gigitan ular, hipoglikemik, aterogenik dan augmentasi otot rangka.

”Jadi sangat penting untuk merasa nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan kulit sehat terawat. Bahkan di zaman modern ini, semua manusia sangat memperhatikan penampilan. Kalian tidak ingin ketinggalan dalam menjaga penampilan bukan? Lagi pula orang yang memperhatikan penampilannya dinilai sebagai orang yang berkepribadian baik,” tambah Raihan.

Karena itu, penampilan harus diperhatikan baik-baik. Dalam dunia kerja penampilan merupakan salah satu indikator kinerja yang diharapkan. Namun apabila dalam berpenampilan tetapi ada sebuah bekas luka di tubuh pada area yang terlihat, maka bisa mengurangi penampilannya.

Ditambahkan oleh Veredita Rusydiana, anggota tim, losion ini mampu membantu rasa percaya diri dalam menjalani aktivitas. Losion juga dibuat dari bahan dasar yang mempunyai beragam potensi, apalagi dijual dengan harga Rp 33.000,00/buah yang sangat terjangkau.

”Harga ini lebih terjangkau bila dibandingkan dengan produk sejenis yang mempunyai manfaat serupa. Jadi, buat kamu yang ingin merasakan khasiat dari Losion Terangkanlah dapat menghubungi kami, antara lain di Line: @aoh4438z atau WA: 087851188217,” kata Rusydiana, seraya menjelaskan selama ini sudah terjual 283 buah. (*)

Editor: Bambang Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone