BEM Wadahi Mahasiswa Berwirausaha dengan Airlangga Creative Market

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
AIRLANGGA Creative Market 3.0 (ACM) digelar Kementerian Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan (PPK) BEM UNAIR yang ditujuakn untuk memberikan wadah mahasiswa berwirausaha. (Foto: Istimewa)
AIRLANGGA Creative Market 3.0 (ACM) digelar Kementerian Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan (PPK) BEM UNAIR yang ditujuakn untuk memberikan wadah mahasiswa berwirausaha. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Airlangga Creative Market 3.0 (ACM) kembali digelar Kementerian Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan (PPK) BEM UNAIR. ACM merupakan event bazar aneka makanan, minuman, dan pakaian.

Ketua Panitia ACM 3.0 Early Safira mengungkapkan bahwa event tersebut ditujukan untuk mewadahi mahasiswa berwirausaha. Berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu vintage, tema tahun ini adalah World’s Food Traveller.

ACM digelar beriringan dengan pelaksanaan Airlangga Career Fair (ACF) dan Airlangga Career Workshop (ACW), tepatnya pada Selasa–Rabu (3–4/7) di Airlangga Convention Center (ACC). Sasarannya, peserta yang menghadiri kedua kegiatan diharapkan turut meramaikan ACM. Terutama setelah mengikuti ACF dan ACW untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum.

”Selain mahasiswa, kami menyediakan stan untuk umum. Jadi, melalui event kampus ini, mereka (masyarakat umum, Red) juga bisa menambah penghasilan,” kata Safira.

”Ini kan memang event tahunan. Namun, ada perbedaan, kalau tahun lalu berdiri sendiri dan terdapat pengisi acara. Kalau tahun ini diadakan bersama ACF dan ACW. Tapi, tidak ada pengisi acaranya,” tambahnya.

Soal biaya membuka stan di ACM, mahasiswa UNAIR bertarif 185 ribu, sedangkan umum 200 ribu. Para tenant, penyewa, dapat mengikuti ACM dengan fasilitas meja, dan kursi. Selain itu, digelar pemilihan tenant favorit. Tenant favorit bisa mendapatkan hadiah berupa uang tunai dari panitia.

“ACM ini untuk mewadahi teman-teman mahasiswa UNAIR untuk berwirausaha. Selain itu, kami menyediakan stan untuk umum,” sebut Safira.

Tak kurang dari 20 stan mahasiswa dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), sebuah program pengembangan kewirausahaan mahasiswa UNAIR oleh Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK), terlibat. Selain itu, ada delapan stan mahasiswa UNAIR. Termasuk terdapat 12 tenant umum.

Safira menambahkan, dalam penyelenggaraannya, ACM kali ini terdapat beberapa kendala. Misalnya, jarak waktu antara persiapan dan pelaksanaan yang terlalu dekat. Juga, jumlah peminat atau tenant yang banyak, tapi tempatnya sangat terbatas karena berkaitan dengan modal.

“Harapan kami, para mahasiswa UNAIR semakin termotivasi untuk berwirausaha. Meski, lingkupnya masih kecil, tapi itu mesti dimulai dan dibudayakan,” tutur mahasiwa Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR itu. (*)

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu