pakan burung
BERAGAM jenis ikan Guppy. Sebenarnya termasuk jenis ikan mahal, tetapi menurut penelitian mahasiswa UNAIR, protein tinggi yang terkandung sangat baik untuk pakan burung berkicau. (Foto: Istimewa net)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Burung berkicau merupakan salah satu pilihan bagi para pencinta dan pengoleksi burung untuk diasah dan dinikmati suara kicauannya. Ada banyak jenis burung yang dipelihara, mulai dari jenis burung kicau herbivora, karnivora dan lainnya.

Kualitas kicauan burung ditentukan oleh beberapa faktor, seperti faktor internal yaitu menurut gen jenis burung, dan faktor eksternal yaitu faktor diluar seperti lingkungan dan nutrisi dari pakan yang didapat oleh burung kicau.

Dari faktor nutrisi pakan yang dirasa sangat berpengaruh, dan bahkan mampu mempengaruhi daya tahan dan daya kicau burung, karena itulah mahasiswa UNAIR melakukan inovasi terhadap pakan burung yang kaya akan nutrisi, baik dibutuhkan oleh burung berkicau dengan pengoptimalan kandungan protein dari ikan Guppy dan nutrisi pendukung lain dalam pakan burung.

”PAS BUKAIN Pakan Burung Super Kaya Protein” merupakan produk inovasi pakan burung berkicau yang alami dan berkualitas yang ditemukan oleh mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

pakan burung
BURUNG berkicau jenis Murai Batu yang riang berkicau, tentu berkat asupan pakan yang memenuhi standar gizi. (Foto: Istimewa net)

Pakan burung ini diberi nama “PAS BUKAIN” karena memiliki kandungan super dalam setiap butir pakan yang diberikan untuk burung kicau seperti Lovebird, Murai dan lainnya. Dalam pakan PAS BUKAIN, setiap butirnya mengandung Vitamin C, Vitamin B1, B2, B6 dan B12, mineral, protein tinggi dari Ikan Guppy yang dapat mempercepat pembentukan kicau, mengandung pigmen yang dapat mencerahkan warna bulu, dan terakhir mengandung zat anti stress.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) ini diketuai oleh Aldiansyah Budi Wardana, serta beranggotakan Handrina Susanti, Alisa Yulia Putri, Catur Pujiono, dan Mustakim. Dibawah arahan dan bimbingan Ir. Agustono, M.Kes., dosen FPK UNAIR, tim ini telah berhasil memproduksi beberapa bungkus kemasan PAS BUKAIN.

Proposal keberhasilannya yang diajukan dengan tema “PAS BUKAIN” Pakan Burung Super Kaya Protein dari Ikan Guppy Sebagai Inovasi Pakan Berkualitas untuk Meningkatkan Kicauan Burung dan Penghilang Stress”, berhasil lolos seleksi dan memperoleh dana pengembangan dari Kemenristekdikti dalam program PKM tahun 2018.

Diterangkan oleh Aldiansyah, ketua tim PKMK ini, bahwa “PAS BUKAIN” dikemas dalam kemasan steril dan terjamin kualitasnya. Mengapa faktor kualitas harus dijamin, kata Aldi, karena kualitas pakan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan burung.

”Kami memberi harga komersial pada pakan PAS BUKAIN ini sebesar Rp 28.000kemasandengan netto 200 gram. Sedang pemesanan PAS BUKAIN dapat dilakukan melalui Whatshapp 0853 3496 5235 a/n saya maupun akun IG @pas_bukain,” kata Aldiansyah. (*)

Editor : Bambang Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone