masker ayu
KEMASAN masker wajah “Masker Ayu IBONI” karya mahasiswa Vokasi UNAIR. (Foto: Dok PKMK)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Indonesia adalah negara kepulauan tropis dengan banyak macam tanaman yang beragam. Diantara tanaman tersebut adalah pohon mahoni. Pohon mahoni sendiri mempunyai banyak fungsi di setiap bagiannya. Mulai dari daun sampai bijinya. Tetapi biji buah mahoni masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Fungsi biji buah mahoni ini sangatlah banyak, terutama untuk kecantikan. Kandungan biji buah mahoni ini antara lain flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai ati oksidan. Peran dari flavonoid inilah nantinya yang akan membantu kulit menjadi cantik alami.

Radikal bebas akan memberikan efek buruk bagi kulit, khususnya untuk kulit wajah, dimana di dukung dengan Indonesia banyak sekali pengendara motor penghasil polusi yang mengandung oksidan yang merusak kulit masyarakat.

masker ayu
ANGGOTA tim PKMK Vokasi UNAIR membuat “Masker Ayu IBONI”. (Foto: dok PKMK)

Oleh karena itu, Tim mahasiswa Vokasi Universitas Airlangga sukses membuat masker dari biji buah mahoni. Mereka adalah Ganda Suka Nugraha, Novetha Dhevany Putri, Zania Ayu Anggraeni, Rizal Firmansyah, dan Rosalinda Liesdiani. Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK).

Dibawah bimbingan Dr. Neffrety Nilamsari, S.Sos., M.Kes., staf pengajar di UNAIR, keberhasilan inovasi itu ditulis dalam proposal bertajuk “Masker Ayu IBONI”. Setelah diseleksi ketat oleh Dikti, proposal ini berhasil lolos sehingga memperoleh dana pengembangan dari Kemenristekdikti dalam program PKM 2018.

”Kami berharap dengan temuan inovasi ini kedepan bisa membantu alternatif mengatasi persoalan perawatan wajah, apalagi produk kami dengan harga yang terjangkau masyarakat,” kata Ganda Suka Nugraha, ketua tim PKMK Fakultas Vokasi UNAIR ini. (*)

Editor: Bambang Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone