gel alami
KEMASAN SEAVE Gel, gel yang terbuat dari rumput laut dan lidah buaya yang memiliki kandungan semua jenis vitamin. (Foto: Dok PKMK)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Kulit wajah yang bersih, sehat dan bebas penyakit merupakan dambaan semua orang. Namun, kenyataannya banyak orang memiliki masalah terhadap kulit, misalnya jerawat. Salah satu penyebab terjadinya jerawat adalah faktor infeksi mikroba, terutama bakteri Propionibacterium acne yang menyebabkan kulit meradang.

Salah satu solusi pengobatan jerawat yaitu dengan menggunakan bahan alami, karena bahan alami itu tidak memiliki efek samping, sehingga aman untuk dipergunakan.

Terinspirasi dengan keadaan demikian, tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) Universitas Airlangga yang beranggotakan Cholifatun Rustyana, Siti Auliya Agustin, Putri Rizkiana Sari, dan Frisdiyanti Yahya dalam inovasinya menciptakan suatu produk yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Kreasi karya ini berhasil lolos seleksi dan berhak atas dana pengembangan dari Kemenristekdikti dalam program PKM 2018.

Dari inovasi keempat mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR ini terciptalah SEAVEGEL, sebuah produk yang terbuat dari bahan dasar alami rumput laut jenis Eucheuma cottonii dan lidah buaya (Aloe vera) yang memiliki kandungan semua jenis vitamin, kecuali vitamin D.

Cholifatun Rustyana, ketua tim ini menjelaskan, bahwa kandungan mineral, misalnya, diperlukan untuk fungsi enzim. Saponin berfungsi sebagai anti mikroba. Penggunaannya untuk perawatan kulit, dapat menghilangkan jerawat (komedo), melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.

Sebagai luaran dari program inovasi ini, Cholifatun Dkk berharap inovasi ini dapat menjadi bisnis yang profitable dan mempunyai prospek jangka panjang.

“Kami berharap SEAVEGEL dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi jerawat yang menjadi problem di masyarakat, utamanya kalangan remaja,” jelas Cholifatun. (*)

Editor : Bambang Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone