Kesia Riana, mahasiswa manajemen UNAIR, mendapatkan apresiasi berupa wisudawan berprestasi di bidang wirausaha periode wisuda Juli 2018. (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Sukses dengan bisnis yang dibentuknya, Kesia Riana mendapatkan apresiasi berupa wisudawan berprestasi di bidang wirausaha. Pasalnya, usaha dengan nama K.A.B Project itu telah dimulai saat dia berada di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Tahun 2012 tepatnya, saat berada di SMA saya mulai merintis usaha ini. Usaha yang saya miliki ini dibidang fashion berupa pakaian rajut dengan nama K.A.B Project,” jelas mahasiswi yang diwisuda dari program studi S1 Manajemen Universitas Airlangga.

Program studi Manajemen dengan konsentrasi minat di wirausaha yang menjadi pilihan tentu tidak sembarangan. Kesia, sapaan akrabnya, sudah mempunyai tujuan diawal dengan bisnis yang dimiliki. Ia bisa menerapkan ilmu yang ia pelajari pada bisnisnya secara langsung.

Seperti yang dilakukannnya pada skripsi yang dibuat. Skripsi yang berjudul ‘Pengaruh kesesuaian ideal-self image konsumen dengan citra celebrity endorser dan kesesuaian celebrity endorser dengan produk pada sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, dan niat beli produk K.A.B Project’ ini meneliti tentang bisnisnya sendiri untuk dikembangkan lagi.

“Penelitian ini berkaitan dengan celebrity endorser yang tepat baggi usaha saya sendiri yaitu K.A.B Project, karena untuk memilik selebriti perlu memperhatikan jenis produk dan keinginan konsumen. Kalau itu tepat perhatian konsumen terhadap iklan yang ditampilkan akan tinggi dan menaikkan penjualan K.A.B Project,” tutur Kesia.

Kesia yang berniat akan mengembangkan K.A.B project lebih besar lagi dan menerapkan hasil skripsi setelah lulus itu menjelaskan, banyak manfaat yang didapatkannya ketika menjalani sebagai wirausahawan khususnya di usia muda.

“Saya jadi tahu pentingnya branding, pemilihan endorser, dan pencatatan keuangan secara  langsung di dunia luar, dimana belum tentu didapat di perkuliahan,” terangnya.

Pada akhir, Kesia mengatakan bahwa semua orang dapat mengembangkan keinginan melalui berwirausaha. Dengan wirausaha juga dapat membantu orang lain, salah satunya dengan membuka lapangan pekerjaan.

“Siapa yang tahu sebelum memulai, bisa jadi wirausaha adalah bakat yang kita punya tapi tidak kita sadari sebelumnya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Hilmi Putra Pradana

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone