41 Mahasiswa PKL Kesmas UNAIR Banyuwangi Diberangkatkan

UNAIR NEWS – Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi memberangkatkan 41 mahasiswa untuk melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) pada Senin (2/7). Mereka merupakan mahasiswa semester VII.

Koordinator PKL Jayanti Dian Eka Sari, S.KM., M.Kes., menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan yang tahun kedua digelar. Lokasinya juga masih sama dengan tahun sebelumnya. Yakni diadakan di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

”Tepatnya di empat desa. Desa Telemung, Desa Pesucen, Desa Klatak, dan Desa Bulusan,” ujarnya.

Kegiatan serupa dilaksanakan Prodi Kesmas UNAIR di kampus utama. Yakni, di Kabupaten Probolinggo.

Sementara itu, Kepala Prodi Kesmas PSDKU UNAIR di Banyuwangi Moh. Zainal Fatah mengungkapkan bahwa secara keseluruhan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) memberangkatkan lebih dari 200 mahasiswa untuk PKL pada Juli–Agustus. Baik yang dari FKM Surabaya maupun dari FKM PSDKU UNAIR Banyuwangi. Mereka merupakan mahasiswa semester VII.

“Masing-masing kelompok terdiri atas sepuluh mahasiswa. Secara khusus, mereka menggali masalah kesehatan yang ada di wilayah yang ditempatinya,” katanya.

”Mereka juga melakukan kerja sama dengan pihak desa dan puskesmas setempat untuk menyusun program intervensi pemecahan masalah,” tambah Zainal.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 35 hari. Yakni, terhitung mulai pemberangkatan pada Senin (2/7) sampai penutupan pada Selasa (7/8).

Di sisi lain, Septa Indra Puspikawati, S.KM., M.Ph., salah seorang dosen pendamping menyampaikan bahwa di setiap desa, para peserta didampingi dua dosen. Kedua dosen berperan menjadi doesn pendamping lapangan (DPL). Selain itu, turut mendampingi peserta, yakni seorang pembimbing dari instansi kelurahan dan satu orang dari puskesmas. Dengan begitu, total setiap tim didampingi empat pembimbing.

“Tahun kemarin, program dari mahasiswa cukup berhasil memberikan intervensi kepada masyarakat dan mendapat apresiasi menarik dari pihak puskesmas setempat,” sebutnya.

”Dengan PKL ini, harapannya, semoga tahun ini bisa semakin baik lagi,” imbuh Septa. (*)

Penulis: Siti Mufaidah

Editor: Feri Fenoria Rifai