UNIT Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hockey Universitas Airlangga diresmikan menjadi bagian UNAIR pada Ahad (4/3). (Foto: Istimewa)
UNIT Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hockey Universitas Airlangga diresmikan menjadi bagian UNAIR pada Ahad (4/3). (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali menambah panjang daftar unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang baru. Hockey resmi menjadi bagian dari UKM UNAIR seusai disahkan pada Ahad (4/3) bersama dengan UKM baru yang lain.

Hockey merupakan salah satu olahraga permainan pria dan wanita dengan menggunakan alat pemukul (stick) dan bola. Permainan tersebut tediri atas sebelas pemain yang bertujuan memasukkan bola kecil ke dalam gawang lawan dengan tongkat pemukul itu.

Ketua UKM Hockey UNAIR Insan Mulana F. menuturkan, perjuangan pembentukan hockey dimulai pada 2013. Tepatnya saat tim UNAIR mulai berpartisipasi dalam kejuaraan hockey antar-universitas di ITB (Institut Teknologi Bandung) atas nama club. Termasuk pada tahun-tahun berikutnya, 2014.

Pada 2015, 2016, 2017, tim juga ikut serta dalam kejuaraan hockey antar-universitas di UGM (Universitas Gadjah Mada). Hingga dua kali pergantian pengurus, klub Hockey Airlangga akhirnya bisa menjadi UKM resmi UNAIR pada 2018.

Sementara itu, upaya nyata pelegalan klub hockey dimulai pada 2016. Yakni, dengan mencari anggota di berbagai fakultas. Termasuk menata organisasi dengan dibantu forkom untuk mengurus ke dirmawa. Berkat kegigihan para pelopornya, UKM Hockey mampu menjaring beberapa anggota aktif.

“Alhamdulillah, anggota UKM Hockey sekitar 40 orang. Dan sudah pernah memenangi kejuaraan,” tutur Insan.

Belum adanya sarana hockey di kampus menjadi salah satu hambatan. Sebab, anggota UKM belum bisa latihan di dalam kampus. Selain itu, yang menjadi hambatan adalah soal mengumpulkan atlet-atlet hockey dari berbagai daerah di UNAIR.

“Untuk UKM Hockey, semoga anggotanya semakin bertambah dan mampu meningkatkan prestasi dalam kejuaraan. Dengan begitu, kami (UKM Hockey UNAIR, Red) mampu mengharumkan almamater serta bangsa dalam meraih prestasi dari berbagai penjuru. Dan, mampu membangun persaudaraan antar-UKM lainnya,” ungkap Insan. (*)

Penulis: Rolista Oktavia

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone