Kelompok KKN Mojo Beri Fasilitas Kesehatan Gratis bagi Lansia

UNAIR NEWS – Tahun ini Kuliah Kerja Nyata (KKN) kembali digelar Universitas Airlangga. Hal itu menjadi bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi, khususnya pengabdian masyarakat, UNAIR. KKN identik dengan beragam program kerja yang melibatkan masyarakat sekitar.

Salah satu program kerja yang digagas kebanyakan kelompok mahasiswa adalah bidang kesehatan. Misalnya, dilakukan kelompok KKN UMKM N Kecamatan Gubeng, Surabaya. Para mahasiswa yang terdiri atas berbagai jurusan tersebut membuat program kerja (proker) ”Sehat Bersama Masyarakat”.

Itu merupakan proker yang digelar atas kerja sama dengan warga, khususnya ditujukan untuk memberikan fasilitas cek kesehatan. Di antaranya, tensi, berat badan, kadar gula, asam urat, dan kolestrol. Proker tersebut ditujukan kepada warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Mojo.

Dalam proker pada Kamis (5/7) itu, cek kesehatan oleh tim KKN UNAIR tersebut digelar secara gratis, tanpa dipunggut biaya. Cek kesehatan itu langsung dilakukan mahasiswa yang berlatar belakang kesehatan. Sementara itu, mahasiswa dari program studi selain kesehatan turut membantu perihal administrasi.

Tidak kurang dari 80 lansia berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka melakukan cek kesehatan antara pukul 08.00 sampai pukul 11.00.

Turut hadir dan membantu kegiatan itu pengurus posyandu lansia. Mereka tampak sangat senang dengan kegiatan mahasiswa UNAIR tersebut. Bukan hanya itu, salah seorang mahasiswa juga memberikan sosialisasi soal penyakit diabetes. Sosialisasi tersebut disambut baik warga. Terbukti, banyak pertanyaan yang mereka sampaikan kepada pembicara.

“Kami sangat senang dapat membantu di sini. Sebenarnya kami juga ingin berpartisipasi pada posyandu balita. Namun, waktunya tidak tepat. Kegiatan rutin posyandu, yakni satu bulan sekali, sudah dilakukan sebelum kami diterjunkan ke lapangan,” kata M. Alif selaku ketua KKN UMKM N Kecamatan Gubeng, Surabaya.

”Selama di sini, kami berusaha berkontribusi semaksimal mungkin untuk masyarakat sekitar. Kami juga senang karena kedatangan kami disambut baik oleh masyarakat,” imbuhnya. (*)

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Feri Fenoria Rifai