PESERTA tampak sangat antusias mendengarkan paparan pemateri dalam Airlangga Career Workshop (ACW). (Foto: Istimewa)
PESERTA tampak sangat antusias mendengarkan paparan pemateri dalam Airlangga Career Workshop (ACW). (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga kembali mengadakan Airlangga Career Workshop (ACW). Berbeda dengan tahun sebelumnya oleh Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), kali ini ACW digelar Kementerian Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan (PPK) BEM UNAIR.

Bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) UNAIR, kegiatan itu diikuti tidak kurang dari lima ratus mahasiswa. Perinciannya, hari pertama 350 mahasiswa dan hari kedua 150 mahasiswa. Kegiatan tersebut digelar di Airlangga Convention Center (ACC) pada Selasa-Rabu (3-4/7).

Sementara itu, era global seperti saat ini tentu menuntut setiap orang menjadi individu yang memiliki kemampuan yang lebih dalam bersaing. Bukan hanya akademik, peran soft skill juga tidak kalah penting. Terutama dalam meningkatkan kualitas dan kredibilitas diri. Tidak dapat dimungkiri bahwa jumlah lulusan sarjana muda tak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

“Mengetahui pentingnya pembekalan dan persiapan menghadapi dunia kerja, kami dari kementerian PPK BEM UNAIR menyelenggarakan workshop dan basic training sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas diri para calon sarjana dari UNAIR,” jelas Yunus selaku ketua panitia.

Tema prepare your future career diusung pada hari pertama dan ways to be an entrepreneur pada hari kedua. Acara tersebut memiliki berbagai rangkaian kegiatan. Hari pertama meliputi how to make a CV (Curriculum vitae) oleh Lastiko Endi Rahmantyo, S.S., M.Hum., (sekretaris PPKK UNAIR); interview tips and power branding yourself oleh Dr. Hamidah, M.Si., (student and alumni counselors and alumni at UNAIR Career and Entrepreneur Deveplopment Center); tips and trick to pass CPNS test; serta sharing experience working at PNS oleh Denantryo Bagus Wiryan (diplomat muda, direktorat protokol kementerian RI) dan Rizal Budi Prasetyo (analisis keimigrasian pertama, imigrasi di kelas 1 khusus Surabaya).

Pada hari kedua, materi dilanjutkan dengan coffee preneur and management serta insight about coffee retail yang diisi Barto Arya Dahana (F&B Consultants in Some Companies). Sementara itu, sales marketing strategy dan how to branding a product diisi Aditya Yoga Respati, S.E (sales manager at PropNex and sales consultant at Pakuwon Jati Tbk).

“Semoga dengan mengikuti acara ini, peserta dapat menambah informasi dan motivasi. Selain itu paham mengenai strategi dalam berkarir,” imbuhnya. (*)

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Feri Fenoria Rifai

 

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone