Vivi saat menjadi presenter di salah satu stasiun televisi. (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS Vivi Virgianity, drh., M.Vet., sang penerima gelar wisudawan terbaik S2, tidak sebarang meraih gelar wisuda terbaik program studi Agribisnis Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga. IPK-nya cum laude 3,95.

Tesis berjudul “Kelayakan Usaha Pemberian Diet Pakan Kombinasi Silase Rendeng Kangkung dengan Konsenstrat Kaya Omega 6 dan Mineral terhadap Potongan Karkas Kambing Peranakan Etawa” mengantar raihan gelar itu di tengah kesibukannya yang padat. Tesis itu menjelaskan pola pemberian pakan dan pemotongan karkas secara khusus untuk meningkatkan keuntungan peternak kambing.

”Tidak ada prestasi khusus, tapi bisa menyelesaikan syarat kelulusan seperti publikasi internasional dan penelitian dalam dua semester. Walau, dengan menjaga keseimbangan waktu, antara bekerja, kuliah, dan mengurus keluarga serta kegiatan sosial,” tuturnya.

Presenter di beberapa TV nasional itu mengungkapkan, karena kegiatan yang padat dan harus mendapatkan prioritas dan perhatian, dirinya hanya bisa mengerjakan tugas maupun paper dalam waktu 2–5 jam. Tepatnya ketika suami dan anaknya sudah tidur. Meski demikian, Vivi tetap aktif bekerja di Kompas TV Surabaya, bahkan berkegiatan sosial.

“Suka dukanya adalah saat ingin menyelesaikan kuliah dan tesis dalam dua semester sambil menjalankan program IVF (bayi tabung). Tetapi, saat ujian dan tugas menumpuk dinyatakan hamil dan program IVF berhasil, terpaksa saya mengatur fisik karena sering bed rest,” ujarnya.

”Jadi, studi S2 yang ditargetkan setahun menjadi setahun lebih tiga bulan,” tambahnya.

Soal rencana lanjutan, Vivi mengaku ke depan tetap berkarya dalam dunia penyiaran. Sebab, dia memang suka dan telah menyelesaikan S2 Magister Ilmu Komunikasi FISIP, Universitas Indonesia. Juga, Vivi berencana mengambil S3 dengan bekal ilmu agribisnis untuk merintis cita-cita, yaitu beternak di rumah.

“Menyelesaikan kuliah tepat waktu harus fokus dan memiliki motivasi yang tinggi. Juga, mampu mengelola kegiatan dan waktu. Sebab, sering kita memberikan excuse kepada diri kita untuk menunda-nunda tugas,” ungkap Vivi. (*)

Penulis: Rolista Dwi Oktavia

Editor: Feri Fenoria Rifai

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone