Beri Akses Kerja, UNAIR Kembali Buka Airlangga Career Fair

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SEJUMLAH peserta membaca syarat berkarir di salah satu perusahaan perbankan peserta job fair dalam Airlangga Career Fair (ACF) di Airlangga Convention Center (ACC) pada Selasa (3/7). (Foto: M. Najib Rahman)
SEJUMLAH peserta membaca syarat berkarir di salah satu perusahaan perbankan peserta job fair dalam Airlangga Career Fair (ACF) di Airlangga Convention Center (ACC) pada Selasa (3/7). (Foto: M. Najib Rahman)

UNAIR NEWS – Airlangga Career Fair (ACF) kembali digelar tahun ini. Kegiatan yang diselenggarakan Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga (UNAIR) tersebut merupakan yang kali ke-30 diadakan. Kegiatan itu dibuka pada Selasa (3/7) di Gedung Airlangga Convention Center (ACC).

Pembukaan acara itu dihadiri Wakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt.; perwakilan sponsor; serta perusahaan yang menyatakan bekerja sama dalam acara tersebut. Kegiatan itu dimeriahkan ratusan peserta dari berbagai universitas.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPKK UNAIR Dr. Elly Munadziroh, drg., M.S., mengungkapkan bahwa ACF merupakan program PPKK untuk memberikan jembatan bagi para lulusan masuk ke dunia kerja dengan cepat. Beberapa program PPKK UNAIR yang lainnya adalah membina kewirausahaan dan mindset wirausaha. Selain itu, setiap minggu PPKK mengadakan pertemuan antara mahasiswa dan para pelaku usaha.

“Jadi, bapak atau ibu yang berminat agar perusahaannya lebih dikenal adik-adik mahasiswa sejak lebih dini kami siap memfasilitasi,” tambahnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Junaidi mengungkapkan bahwa ACF merupakan agenda UNAIR untuk memberikan jalan keluar kepada lulusan UNAIR. Selain itu, ACF menjadi upaya universitas mendukung perusahaan sebagai mitra universitas untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul.

“Jadi, event ini sangat baik untuk mempertemukan antara lulusan dan pihak perusahaan. Jadi, dapat ditemukan bibit yang unggul,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia ACF Drs. Tubiyono, M.Si., mengakui bahwa ACF kali ini bersifat umum. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan kesempatan perusahaan menjaring sumber daya dari seluruh universitas yang memiliki potensi. Termasuk agar UNAIR memiliki kontribusi yang lebih kepada universitas di lingkungan sekitar. Khususnya, yang kemungkinan akses kepada perusahaan masih terbatas.

Dengan ACF, Tubiyono berharap lulusan UNAIR bisa memiliki daya saing yang besar. Selain itu, mahasiswa yang hanya kuliah atau terlalu fokus mengejar IPK dapat selalu mengikuti pelatihan PPKK.

“Saya mengimbau mahasiswa tingkat akhir lebih banyak mengakses informasi dari PPKK. Sebab, di PPKK, terdapat banyak pelatihan yang bekerja sama dengan perusahaan besar. Selain itu, mahasiswa sebaiknya tidak unggul dalam bidang akademik saja, tapi juga soft skill,” tuturnya. (*)

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifai

 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu