FKM Sambung Rasa Lewat Halalbihalal Idulfitri 1439 H

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KELUARGA Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga saat melakukan ramah tamah, Senin (25/6). (Foto: Istimewa)
KELUARGA Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga saat melakukan ramah tamah, Senin (25/6). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Di Indonesia, perayaan Hari Raya Idulfitri selalu identik dengan halalbihalal. Kegiatan itu menjadi acara yang wajib diadakan selepas lebaran.

Halalbihalal telah melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal itu sudah menjadi budaya yang terus ada, bahkan keberadaanya dilestarikan.

Tradisi tersebut berupa kegiatan saling bermaaf-maafan. Yakni, saling mengikhlaskan kesalahan (menghalalkan atas kehilafan) yang pernah dilakukan. Karena itu, halalbihalal dapat menciptakkan keharmonisan antarmanusia, khususnya masyarakat dlam lingkup-lingkup tertentu.

Terkait dengan itu, tepatnya untuk menjaga tali silaturahmi antarsesama atau civitas akademika, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga menggelar acara halalbihalal pada Senin (25/6). Bertempat di Aula Soemarto FKM, halalbihalal itu dihadiri seluruh civitas akademika FKM beserta keluarga masing-masing.

Acara halalbihalal tersebut diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah. Berikutnya adalah sambutan dekan, ceramah, do’a, ramah tamah. Serta, makan bersama menjadi penutup acara. Halalbihalal juga mengundang ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UNAIR sebagai perwakilan mahasiswa.

”Saya sangat antusias mengikuti acara ini. Bagi saya, acara ini bisa menjadi wadah mahasiswa untuk menjalin tali silaturahmi dengan dosen maupun civitas akademika,” tutur Anugerah Visar Rahman, wakil ketua BEM FKM UNAIR.

Vio –sapaan akrabnya– mengungkapkan terasanya kehangatan kekeluargaan di FKM dalam halalbihalal tersebut. Hal itu, menurut dia, bisa terjadi karena seluruh keluarga, baik dosen, dekan, maupun staf lainnya, berkumpul. Mulai istri hingga anak-anak mereka.

‘’Makanan yang dihidangkan beragam dan enak. Yang paling unik adalah disediakannya stan khusus bagi penikmat kopi,” ungkap Vio.

Sementara itu, Vio berharap halalbihalal bisa terus dilaksanakan setiap tahun. Selain itu, momentum itu diharapkan mampu menumbuhkan iklim yang positif pada hubungan antar civitas akademika FKM. Dengan begitu kerja sama dalam upaya meningkatkan kualitas, terutama mendukung program World Class University (WCU) UNAIR, mampu diraih bersama-sama.

”Ungkapan maaf dari seseorang sangat berarti. Terkadang tanpa disadari perbuatan yang kita lakukan dapat menyakiti orang lain,” ujarnya. ”Manusia tidak pernah luput dari dosa. Selagi masih bernyawa, teruslah meminta maaf,’’ imbuh Vio.

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu