Ilustrasi
Ilustrasi mozo.com
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Ingin liburan tapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang, backpacker-an bisa jadi pilihan. Backpacker, yang dalam bahasa inggris berarti orang yang membawa backpack atau tas ransel. Tapi semakin kesini, arti tersebut meluas menjadi lebih luas. Backpacker diberi arti menjadi perjalanan yang tidak bergantung dengan jasa travel.

Karena tidak menggunakan travel, para backpacker benar-benar dapat menikmati nuansa dimana sedang berlibur. Liburan yang dilakukan sendiri melatih sejauh mana kemampuan untuk survive atau bertahan di lingkungan baruh, dan yang terpenting hemat budget.

Walaupun hemat budget, dalam melakukan liburan para backpacker dituntut untuk bisa jaga diri sendiri dan mempersiapkan apa yang mungkin ada terjadi. Oleh karena itu, ada beberapa tips dan trik kalau ingin backpacker-an. Berikut UNAIR NEWS merangkum beberapa tips dan triknya.

Siapkan Fisik dan Barang Bawaan

Menyiapkan fisik sebelum berangkat liburan hal yang pasti dilakukan, apalagi ketika liburan backpacker karena tubuh yang fit akan mengurangi risiko sakit diperjalanan. Perjalanan backpacker-an bisa menambah pengalaman untuk survive, bukan sekedar liburan saja.

Bukan sebatas itu saja, barang bawaan juga perlu ditentukan, hanya bawa barang yang diperlukan dan dibutuhkan saja. Salah satu barang yang wajib dibawa adalah peralatan safety (perlindungan diri) dan obat-obatan pribadi. Dalam membawa semua barang tersebut memakai tas carrier  sangat dianjurkan.

Buat Rencana Perjalanan

Tanpa travel, para backpacker dapat menentukan dimana saja mau pergi, seberapa lama ditempat itu, dan selanjutnya mau kemana. Maka membuat rencana perjalanan (plan) tentu wajib dilakukan. Plan yang dibutuhkan bukan cuma satu saja, bikin beberapa untuk cadangan. Bahkan bisa jadi di tengah perjalanan plan yang kamu buat berubah karena keadaan saat di tempat wisata atau perjalanan bisa jadi berbeda.

Atur Pengeluaran

Karena berpergian sendiri, menetapkan pengeluaran tiap aktivitas sangat diperlukan. Karena tanpa itu bisa jadi budget yang dikeluarkan bisa jadi semakin besar. Ada beberapa cara untuk menghemat pengeluaran saat backpacker-an. Salah satunya jika menggunakan transportasi seperti kereta atau pesawat lakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari sehingga mendapatkan tiket lebih murah, bisa juga dengan sewa kendaraan. Mencari tau info homestay atau penginapan yang sesuai budget atau camping dapat menjadi pilihan hemat.

Jangan Malu Bertanya

Takut tersesat dijalan atau masalah sepele terjadi,seperti salah pilih menu makanan sehingga harga mahal, tentu tidak akan terjadi jika tidak malu bertanya. Salah satu kuncinya itu berusaha lebih untuk bersosialisasi dan mawas diri, membawa diri masuk ke dalam lingkungan yang ada.

Belum pernah backpacker-an, coba tips trick diatas dan coba buktikan sensasinya.

Penulis: Hilmi Putra Pradana

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone