UNAIR Berangkatkan 15 Delegasi untuk Ikuti KKN di Lampung

UNAIR NEWS – Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Universitas Airlangga. Sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, KKN menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh mahasiswa. Pasalnya, dalam kegiatan KKN mahasiswa akan terjun langsung di tengah masyarakat guna mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh di bangku perkuliahan.

Salah satu betuk KKN yang digagas oleh UNAIR bersama Kemenristekdikti adalah KKN Kebangsaan. Tujuan dari KKN ini, untuk menggali potensi di berbagai daerah di Indonesia yang kondisinya masih tertinggal.

Tahun ini, dalam KKN-BBM ke-58 UNAIR akan memberangkatkan sebanyak 15 mahasiswa. Ke-15 mahasiswa itu adalah Josua Vasdoni (Manajemen), Firdaus Faisal (Ilmu Hukum), Gangga Pamadya (Manajeman), Fawaied Kiki (Ekonomi Pembangunan), M. Nur Fadli (Psikologi), Zahrotun Nafisah (Kimia), Rizky Aprilia (Ilmu Gizi), Dina Mariana (Ilmu Hukum), Savira Dwita (Antropologi), Widyanti Wibowo (Ilmu Hukum), Jessica Ozymandias (Antropologi), Ika Shaliha (Akuakultur), Safin Aunilah (Akuakultur), dan Umi Kulsum (Teknik Biomedis).

Sebelum terpilih menjadi delegasi, mereka harus memenuhi berbagai syarat untuk mengikuti seleksi. Antara lain aktif dalam organisasi universitas atau memiliki kemampuan khusus, memiliki IPK minimal 3.0, menyertakan surat izin orang tua, serta memiliki kesehatan mental dan fisik yang baik. Selain itu, mahasiswa juga diminta membuat esai, serta menyiapkan program kerja utama dan pendukung.

Tahun 2018 ini, Universitas Negeri Lampung bertindak sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan. Rencananya, para delegasi akan berangkat pada 23 Juli nanti. Mereka akan melangsungkan kegiatan KKN hingga 25 Agustus.

“Perasaan ketika terpilih tentunya sangat beryukur karena hal ini menjadi bagian dari mimpi saya. Beruntung saya masih bisa ikut susulan karena ketika seleksi awal saya sedang berada di Jakarta untuk mengikuti lomba,” ungkap Dina salah satu delegasi.

Ke-15 delegasi ini nantinya akan mengikuti KKN di Lampung. Di sana, mereka bertemu dengan delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. (*)

Penulis : Pradita Desyanti

Editor: Binti Q. Masruroh