Travel
Pulau Tabuhan: Simbol Tempat Pulau Tabuhan (Foto: Hilmi Putra)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Datang ke Pulau Menjangan dan Tabuhan menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat bagi mahasiswa Universitas Airlangga dalam mengisi libur kuliah semester ini. Pasalnya, dua pulau yang berada di Selat Bali itu termasuk bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TMBB) yang terkenal melalui view (pemandangan) bawah laut yang indah dan nuansa alami pulau yang masih terjaga. Kedua pulau itu juga dapat dinikmati dengan mudah karena adanya transportasi yang mendukung dan secara langsung berhenti di tempat itu.

Reporter UNAIR NEWS berhasil menghimpun dan menuliskan beragam keindahan yang ada pada dua pulau tersebut. Berikut petikannya:

Pulau Menjangan

Pulau ini dinamakan Menjangan karena terdapat spesies Rusa yang hidup bebas di dalamnya. Menjangan adalah sebutan untuk rusa dari penduduk lokal. Hewan itu menjadi ciri khas di pulau ini sehingga mendapat foto atau berfoto dengannya merupakan sebuah kesenangan pribadi untuk wisatawan.

Ketika sampai di sana, suguhan pemandangan pulau yang masih sangat alami karena hanya terdapat sedikit bangunan bukan pemukiman dan tidak ada orang berjualan.

Tak hanya itu, disekitar pulau, juga terdapat terumbu karang yang dapat dilihat melalui snorkling atau selam dangkal atau diving jika ingin melihat pemandangan lebih. Sedikit himbauan selama melakukan snorkling atau diving, khususnya bagi pemula untuk tidak jauh dari rombongan dan tidak berenang sendiri.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan bisa dibilang merupakan pulau pelengkap. Hampir setiap wisatawan yang datang ke Pulau Menjangan akan mampir di Pulau ini. Biasanya wisatawan memanfaatkannya untuk tempat istirahat dan menyantap makanan selepas dari Pulau Menjangan serta aktifitas snorkling atau diving sebelumnya. Karena di tempat ini terdapat dua tempat penjual makanan kecil.

Meskipun begitu pulau ini masih sangat alami, untuk menikmatinya, pulau kecil ini dapat dikelilingi dengan menyusuri bibir pantainya dengan berjalan kaki. Selama mengelilingi pulau ini semilir angin, pasir pantai yang putih serta tampak warna laut yang menunjukkan warna biru muda, biru tua, dan hijau dapat dinikmati karena perbedaan kedalaman laut. Bagi wisatawan yang masih ingin snorkling terdapat juga tempat untukmelakukannya.

Transportasi dan Penginapan

Untuk mencapai Pulau Menjangan dan Tabuhan dapat melalui wisata Pantai Grand Watu Dodol (GWD) yang terletak di kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi sendiri dapat dijangkau melalui banyak cara, wisatawan yang naik kereta dapat turun di Stasiun Banyuwangi Baru, bila naik bus bisa langsung turun di GWD atau Terminal Sri Tanjung, tempat tersebut juga dapat ditempuh dengan pesawat melalui Bandar Udara Blimbing Sari Banyuwangi. Di sekitar sana juga terdapat banyak homestay atau penginapan yang bisa disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki.

Jika memang ingin datang ke kedua pulau itu serta menikmati keindahan pulaunya, mengetahui keadaan dan melakukan persiapan merupakan hal yang hatus dilakukan, sehingga liburan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan patut untuk dikenang. Selamat berlibur !!!

Penulis: Hilmi Putra Pradana

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone