komentarmu dot com
Ilustrasi oleh komentarmu.com
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Bagi umat muslim, Hari Raya Idul Fitri menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga dan handai taulan. Terlebih dihari pertama, hal itu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di tanah rantau, tak terkecuali mahasiswa.

Setiap tahun, selalu ada mahasiswa Universitas Airlangga yang tidak bisa berkumpul dengan keluarga di rumah saat lebaran hari pertama. Alasannya pun beragam, selain jarak yang terlalu jauh dengan tanah kelahiran, ongkos yang nipis untuk pulang, dan juga ada beberapa mahasiswa yang masih memiliki aktivitas dan kegiatan saat lebaran tiba.

Setelah sebulan melangsungkan ibadah puasa sekaligus menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa tentu sangat merindukan keluarga di rumah. Apalagi mahasiswa yang berasal dari luar kota Surabaya. Berikut telah UNAIR NEWS rangkum kesan mereka yang tidak bisa pulang saat lebaran hari pertama dikarenakan mendapatkan tanggung jawab dari kampus.

“Wah sangat seru. Bisa merasakan hidup sebagai anak perantau yang sesungguhnya. Bisa mandiri kan karena jauh dari orang tua. Walaupun ini bukan pengalaman yang pertama, tapi tetap sangat mengesankan bagi saya.”

  • Mohammad Saiful Bahri, Sampang Madura

“Sedih memang hari pertama tidak bareng keluarga. Apalagi pas salat Idul Fitri, yang harusnya bisa berangkat bareng keluarga ke masjid untuk sholat ied berjamaah tapi sekarang terpaksa tidak bisa. Namun dibalik itu semua tetap bersyukur alhamdulillah lebaran di Surabaya tetap terasa meriah.”

  • Rizqi Zumar, Kediri

“Sangat bahagia Insya Allah. Walaupun sudah biasa saya jalani sejak masih SMA dulu. Bedanya kalau SMA dulu malam takbiran masih bisa pulang ke rumah lalu kembali lagi untuk melaksanakan tanggung jawab. Masih sedikit sedih juga tidak bareng keluarga pas lebarannya.”

  • Diki Febrianto, Sampang Madura

 

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone