SUASANA buka bersama diikuti oleh rektor, pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa. Turut mengundang KH. Ma’ruf Amin Ketua MUI Pusat dalam buka bersama yang diadakan Kamis (7/6). (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga menggelar buka bersama pada Kamis (7/6). Buka bersama ini diikuti oleh rektor, pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa. Turut mengundang KH. Ma’ruf Amin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dalam buka bersama kali ini.

Dalam buka bersama itu, secara resmi rektor mengumumkan kepada seluruh hadirin bahwa kini UNAIR memiliki lembaga penyalur dana sosial bernama Pusat Pengelolaan Dana Sosial atau yang dapat disingkat Puspas. Momen Ramadan dikatakan rektor sebagai momen yang tepat bagi seluruh sivitas untuk menyalurkan zakat mereka.

“Tahun ini UNAIR memiliki Pusat Pengelolaan Dana Sosial. Baik berupa infaq, sodakoh, wakaf. Puspas mengumpulkan dana untuk mereka yang berhak. Khususnya mahasiswa miskin, juga yatim piatu,” terang Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih.

Cikal bakal Puspas telah ada sejak tahun lalu. Sebagai contoh rektor menerangkan, tahun lalu, dana yang dihimpun Puspas salah satunya digunakan untuk membantu mahasiswa Bidikmisi asal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang kesulitan dalam hal biaya pendidikan.

Dalam kesempatan ini pula rektor menerangkan kepada seluruh hadirin untuk melakukan donasi melalui Puspas UNAIR. Semua dana yang masuk, lanjutnya, akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Kalau bapak ibu ada rezeki cukup, kami menerima amanah dari bapak ibu untuk menyalurkan sesuai dengan yang membutuhkan. Termasuk untuk program-program masyarakat yang membutuhkan di sekitar UNAIR,” tambahnya.

Dalam kesempatan buka bersama yang rutin di gelar itu, UNAIR sekaligus menjalin kerjasama dengan MUI Pusat. Kerjasama itu dalam bentuk pengelolaan dana sosial. Kerjasama ditandatangani langsung oleh rektor UNAIR dan KH. Ma’ruf Amin selaku ketua MUI Pusat. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone