Semarakkan Bulan Suci, FST Gelar ‘Gema Ramadhan FST 2018’

UNAIR NEWS – Tak lupa dengan sesama, pada bulan Ramadhan tahun ini, BEM Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga bekerja sama dengan Jama’ah Intelektual Mahasiswa Muslim (JIMM) dan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) UNAIR menyelenggarakan serangkaian acara bertajuk “Gema Ramadhan FST 2018”. Acara pada Kamis dan Rabu (17 & 23/5/2018) itu mengusung tema ”FST Berbagi”. Tidak hanya bertujuan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, kegiatan tersebut juga sebagai sarana meningkatkan kepekaan sosial terhadap sesama.

Dalam acara ini ada dua kegiatan yang dilakukan. Yakni, bakti sosial di Panti Asuhan Rhoudotul Jannah dan buka puasa di FST.

Bakti sosial itu diikuti 30 orang anak yatim dari beragam jenjang pendidikan. Ada dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), Sampai sekolah menengah atas (SMA). Pelaksanaan bakti sosial tersebut tidak hanya diberi wawasan ilmu agama, tapi juga bekal untuk memberikan semangat. Acara itu diakhiri dengan berbuka bersama dan pemberian bingkisan untuk panti asuhan.

“Kami memberikan lebih dari pendidikan bernapaskan Islam dan mengajar membaca kitab suci Al-Qur’an. Kami juga memberikan semangat dan motivasi untuk berprestasi. Tak luput, sedikit games untuk mencairkan suasana,” tutur Fahmi, salah seorang yang mengikuti acara itu.

Lima hari selanjutnya dalam kegiatan kedua, buka puasa bersama gratis di FST digelar. Lapangan FST yang menjadi tempat kegiatan itu dipenuhi lebih dari 170 orang. Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Hartati, M.Si., turut hadir dalam acara buka bersama. Kajian serta doa dan dzikir untuk menghadapi ujian semester genap membuka rangkaian acara itu.

“Tak hanya takjil dan makanan berbuka gratis. Ada juga kajian yang disampaikan Ustadz Arif Wibowo sebelum berbuka. Terdapat juga penampilan banjari dari JIMM,” ujar Fahmi.

Fahmi menambahkan, diharapkan acara tersebut bisa bermanfaat untuk semua yang terlibat. Juga, menumbuhkan rasa kepedulian pada kalangan universitas dan menambah nikmat di bulan puasa. Suksesnya acara tersebut juga diharapkan menginisiasi terselenggaranya acara yang serupa pada tahun-tahun berikutnya. (*)

 

Penulis: Hilmi Putra Pradana

Editor: Feri Fenoria Rifai