KKN
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS  – Guna mengoptimalkan peran dosen pendamping Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM), Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Airlangga mengadakan pertemuan antara dosen dengan mitra. Pertemuan yang juga menghadirkan pihak mitra dari Dinas Perdagangan Kota Surabaya itu dilangsungkan di Aula LPM UNAIR pada Selasa (5/6).

Mengenai kegiatan itu, Ketua LPM UNAIR Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com., mengatakan bahwa peran dosen dalam kegiatan KKN-BBM memang sangat strategis. Selain sebagai pendamping, imbuhnya, dosen diharapkan mampu turut serta memberikan sumbangsih gagasan untuk kelancaran kegiatan.

“Peran dosen pendamping pada periode KKN-BBM kali ini memang harus dimaksimalkan. Karena mengingat banyaknya program baru yang akan dilakukan pada KKN-BBM kali ini,” jelasnya.

Di Surabaya, tandasnya, akan dilangsungkan KKN-BBM dengan menggandeng mitra dari Dinas Perdagangan. Menurutnya, hal itu merupakan permintaan pihak pemerintah kota yang mengandeng UNAIR untuk turut melakukan pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Surabaya.

“Oleh sebab itu kami hadirkan pihak Dinas Perdagangan untuk memberikan arahan kepada para dosen yang akan menjadi pendamping,” imbuh Prof. Jusuf.

Pentingnya memberikan bekal yang tepat untuk para dosen, menurutnya, menjadi bekal utama agar pelaksanaan KKN-BBM bisa lebih maksimal. Baginya, dengan gagasan serta inovasi dari dosen pendamping, nantinya mahasiswa bisa juga lebih terarah dalam melakukan pengabdian.

“Kalau informasi yang diberikan dosen salah, mahasiswa menerima juga salah, dan masyarakat yang diajari juga salah. Ini kan gawat. Makanya perlunya pembekalan seperti ini,” tandasnya.

Nantinya, imbuh Prof. Jusuf, sebanyak 1050 mahasiswa akan diterjunkan ke 15 kecamatan yang ada di Surabaya. Mahasiswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok UMKM yang ada di Kota Surabaya.

“Inilah sejatinya bentuk nyata pengabdian kita untuk Kota Surabaya,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone