KKN
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – “Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia…” Itulah penggalan lagu yang menggambarkan Indonesia sebagai bangsa besar dan negara kepulauan terbesar di dunia.

Untuk memajukan berbagai daerah yang tertinggal, pemerintah bersama seluruh elemen bangsa terus melakukan berbagai upaya dan gebrakkan. Salah satunya kerja sama pemerintah dengan institusi pendidikan tinggi melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Universitas Airlangga pun juga turut ambil andil dalam memberikan sumbangsih untuk kemajuan bangsa melalui program KKN. Jika beberapa program KKN diluncurkan langsung oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) UNAIR, lain dengan KKN Kebangsaan. KKN yang dilaksanakan di berbagai wilayah di Republik Indonesia itu merupakan prakarsa langsung dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Mengenai pelaksanaan program KKN Kebangsaan, Ketua LPM UNAIR Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com., mengatakan bahwa setiap periode UNAIR terus mengirimkan beberapa mahasiswa untuk diterjukan dalam KKN tersebut.

“Pada kegiatan KKN Kebangsaan semeseter ini ada 5 mahasiswa kami akan diterjukan ke lokasi KKN,” tuturnya.

Perihal lokasi kegiatan KKN Kebangsaan, Prof. Jusuf mengatakan bahwa tahun ini akan dilaksanakan di Lampung. Untuk itu, LPM UNAIR juga turut memberikan dukungan kepada mahasiswa yang terlibat dalam KKN tersebut.

“Kami terus memberikan dukungan kepada mereka, meski KKN Kebangsaan ini merupakan gagasan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia,” ungkapnya.

 

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone