KKN
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Berbagai gebrakkan pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) terus dilakukan oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Airlangga. Selain menyelenggarakan KKN-BBM Tematik dan meluncurkan program  KKN Luar Negeri, KKN Back to Village, KKN PKM, KKN Kebangsaan, dan KKN Ceria, LPM UNAIR juga menggagas KKN Lain-lain. KKN itu, menurut Ketua LPM UNAIR Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com., merupakan KKN yang dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai instansi.

Pada gelaran KKN-BBM ke-58 yang dilangsungkan setelah usai libur lebaran 2018 itu, LPM UNAIR telah mengantongi beberapa kerja sama. Salah satunya dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.

“Dalam kerja sama antara LPM dan Kemenko PMK RI, kami melangsungkan KKN Tematik Revolusi Mental,” ungkapnya.

Selain dengan Kemenko PMK, pihak LPM UNAIR juga tengah melangsungkan kerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Perihal itu, tambahnya, mahasiswa akan dilibatkan langsung untuk menangani berbagai permasalahan TKI yang ada di beberapa wilayah yang menjadi kantong-kantong TKI di Jawa Timur.

“Kami juga mengandeng BNP2TKI untuk melangsungkan KKN Tematik tentang penanganan berbagai kasus TKI,” terangnya.

Kemudian, sebagai salah satu kampus yang ada di Surabaya, tambah Prof. Jusuf, UNAIR juga turut serta membangun kota dengan melibatkan mahasiswa untuk KKN di beberapa wilayah di Surabaya. KKN itu, tambahnya, merupakan upaya kerja sama LPM UNAIR dengan beberapa kantor dinas di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

“Pemkot Surabaya juga tidak mau dianaktirikan, mereka (pemkot, red) juga meminta LPM UNAIR untuk menerjunkan mahasiswa dibeberapa titik. Utamanya untuk pembinaan masyarakat pelaku Usaha Kecil Menengah,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone