KKN
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga terus melakukan dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berbagai cara. Selaian mengoptimalkan peran pendidikan dan riset yang excellence, UNAIR juga turut mengembangkan program pengabdian masyarakat yang excellence.

Melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM), UNAIR kembali meluncurkan berbagai program baru pada Kuliah Kerja Nyata – Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) Tematik ke-58. Salah satunya yakni program KKN Citarum Harum.

Mengenai hal itu, Ketua LPM UNAIR Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com., mengatakan bahwa UNAIR memang harus terlibat dalam menangani berbagai isu dan permasalahan nasional. Salah satunya permasalahan yang terjadi di Sungai Citarum.

Menurutnya, program KKN Citarum Harum merupakan gagasan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang melibatkan perguruan tinggi se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“UNAIR menjadi salah satu universitas di luar Jawa Barat dan Jakarta yang bergabung dalam program ini,” ungkapnya saat memberikan pembekalan KKN Tematik Citarum Harum dihadapan mahasiswa.

Pada pembekalan yang dilangsungkan di Aula Kahuripan Kampus C UNAIR pada Minggu (27/5) itu, Prof. Jusuf juga mengatakan bahwa permasalahan sungai sepanjang 297 kilometer itu juga berdampak hingga ibu kota Jakarta. Untuk itu, pihaknya mengerahkan mahasiswa asal Jawa Barat untuk turut kembali membenahi permasalahan yang ada di daerahnya.

“Selama ini kita sudah menjangkau berbagai daerah di Indonesia timur, ini saatnya kita juga menjangkau berbagai wilayah Indonesia barat,” tandasnya.

Pada akhir, mengenai jumlah mahasiswa yang dilibatkan dalam program tersebut, Guru Besar FISIP UNAIR itu mengatakan bahwa ada sekitar 40 mahasiswa yang akan dilibatkan pada program itu.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone