Pelaksanaan acara GAME (Gerakan Airlangga Mengajar) (Foto: dokumentasi panitia)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Departemen Sosial Keluarga Mahasiswa (KM) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi mengadakan kegiatan GAME (Gerakan Airlangga Mengajar), Sabtu (26/5). Gerakan Airlangga Mengajar kali ini memboyong sejumlah 22 volunteer mahasiswa, mengusung tagline “Satu aksi, cinta negeri, siap mengabdi”, berlokasi di SDN 1 Karangrejo dengan sasaran siswa-siswi kelas 1-5.

Tujuan dari kegiatan game adalah untuk membantu siswa siswi di sekolah. Selain itu, untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan yang ada disekitar dan memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Ketua pelaksana kegiatan Khansa Fatihah Muhammad mengungkapkan, GAME kali ini merupakan event kedua setelah tahun sebelumnya terlaksana dengan sukses.

“Sasaran kami adalah Sekolah sekolah dengan kondisi terpencil, butuh bantuan edukasi dan kurang terekspos,” ujar Khansa.

Nur Azizatul Ikrima sekretaris kegiatan sekaligus koordinator departemen sosial KM mengungkapkan, kegiatan dihari pertama, Sabtu (26/5), mengusung tema mengejar mimpi.

“Kami mengajak siswa siswi untuk menggambarkan cita-cita mereka dalam tulisan dan gambar,” terangnya.

Ikrima mengungkapkan, ia dan tim lebih menekankan bahwa cita cita tidak melulu pada profesi tertentu yang sering mereka dengar, seperti dokter, pilot, polisi.

“Kami menjelaskan cita-cita dari sisi yang berbeda. Cita-cita sebagai petani, peternak, dan nelayan, asalkan itu baik dan berguna bagi diri dan orang lain tentu itu baik pula. Tidak harus melulu pada profesi tertentu tadi,” ujar Ikrima.

Khansa menambahkan, ia dan tim menekankan bahwa sekalipun jadi petani, peternak, dan nelayan, mereka harus lebih sukses dari orang tua mereka dengan lahan lebih luas dan penghasilan lebih banyak. Harapannya, agar dapat membantu orang di sekitarnya.

“Karena menjadi petani, peternak, dan nelayan, juga merupakan pekerjaan yang mulia, memudahkan kita memperoleh beras, ayam, ikan dan banyak hasil lainnya,” tambahnya.

Antusias dari peserta cukup tinggi. Guru pun sangat mendukung terselenggaranya acara dan berharap kegiatan seperti itu dapat terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya. Serta, bisa menjadi teladan bagi universitas lain, khususnya di Banyuwangi. Harapan dari penyelenggara, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa siswi yang ada di sana. (*)

Penulis : Siti Mufaidah

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone