PSDKU
Mahasiswa FKH PSDKU UNAIR Banyuwangi usai kegiatan kunjungan edukasi di Taman Safari Indonesia II, Prigen Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook3Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Dalam rangka peningkatan kemampuan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Hewan, Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Airlangga di Banyuwangi, Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HMKH) PSDKU 2018 mengadakan kegiatan kunjungan edukasi di Taman Safari Indonesia II, Prigen Jawa Timur.

Kegiatan itu merupakan program kerja Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) HMKH PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Mengusung tema “Upgrading to be a Future Veterinarian” kegiatan yang dilangsungkan pada akhir April lalu itu, berlangsung mulai pukul 8.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

“Taman Safari Indonesia II, Prigen merupakan salah satu taman safari yang memiliki dan mengembangkan konservasi hewan khususnya gajah. Selain itu, di prigen juga terdapat banyak penawaran berbagai macam paket edukasi yang mana digunakan untuk media belajar mahasiswa kedokteran hewan yang berfokus pada gajah. Gajah merupakan salah satu satwa yang sudah mulai punah. Oleh karena itu penting dilakukan konservasi gajah,” tutur Rida Dwi Jayanti selaku ketua panitia.

Peserta yang turut meramaikan acara tersebut, tambahnya, adalah mahasiswa Pendidikan Dokter Hewan PSDKU di Banyuwangi angkatan 2015, 2016, hingga 2017. Dalam kegiatan itu, materi disampaikan langsung oleh para dokter hewan di Taman Safari Indonesia II.

“Dokter hewan di taman safari itu mengenalkan cara menghitung Body Condition Scoring menggunakan hitungan manual maupun digital, pemeriksaan fisik dari gajah, edukasi semen gajah, dan pengambilan darah dari gajah,” ujar mahasiswa yang kerap disapa Rida tersebut.

Selanjutnya, Rida juga mengatakan bahwa kegiatan “Great Vet” bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui kunjungan edukasi dan juga bertujuan untuk mengetahui cara menjadi dokter hewan di taman safari, khususnya dokter hewan konservasi yang menangani Gajah Sumatera.

“Melalui great vet ini diharapkan semua mahasiswa kedokteran hewan mampu mengetahui secara teknis maupun secara teori jika bekerja sebagai dokter hewan konservasi,” tambahnya.

Febriana Hawa, salah satu peserta kunjungan edukasi “Great Vet” mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat mendapatkan banyak ilmu sembari berjalan-jalan mengamati satwa yang ada di Taman Safari Indonesia II.

Penulis: Ulfiani FauziaHanafi (Mahasiswa Pendidikan Dokter Hewan PSDKU UNAIR di Banyuwangi)

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook3Tweet about this on Twitter0Email this to someone