Studi Lapangan
Membersihkan sampah pantai sebagai salah satu kegiatan usai studi lapangan. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga angkatan 2017 melakukan studi lapang di Kenjeran beberapa waktu lalu. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka simulasi sebelum melakukan studi lapang di tempat lain. Studi tersebut dilakukan dengan pengambilan biota laut, pengukuran sifat kimia, dan fisika laut di pesisir pantai.

“Jadi kita selama studi lapang itu kita mengambil biota laut untuk diklasifikasi termasuk dalam jenis apa, esensinya itu kita jadi tahu tempat hidupnya biota laut yang diambil dan menambah pengalaman saja di lapangan lansung,’’ ujar Putra Surya selaku mahasiswa FPK 2017 yang mengikuti kegiatan tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan, studi itu diikuti oleh 30 peserta yang kemudian  dibagi menjadi 2 kelompok yakni 20 orang yang bertugas dalam pengambilan biota laut dan 10 orang ke tengah laut dengan perahu untuk mengukur sifat fisika laut dan kimia laut seperti kecepatan arus, dissolve oxygen, salinitas, pH, suhu, kelimpahan substrat, dan warna air laut.

Setelah melakukan kegiatan tersebut, dilanjut dengan pemberian beberapa tong sampah yang dipasang di sana. Tujuannya, terang Putra, agar masyarakat pesisir khususnya nelayan bisa lebih peduli lingkungan.

“Dan itu juga sebagai kenang-kenangan dari FPK UNAIR bahwa pernah melaksanakan studi lapang disana,” ungkapnya.

Mekanisme kegiatan tersebut, terangnya, mahasiswa mengambil secara langsung biota laut kemudian akan diklasifikasi berdasarkan benthos, neutos, perifiton, dan plankton. Dalam proses pengambilan biota, mahasiswa didampingi dan diberitahu tentang biota yang menimbulkan gatal dan tidak.

“Karena hasil tangkap nantinya akan diidentifikasi di laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR,” tuturnya.

Di samping itu, lanjut Putra, mahasiswa juga melakukan pemungutan sampah kurang lebih 600 meter dari lokasi rumah nelayan di sepanjang pesisir Pantai Kenjeran.

 

Penulis: Tunjung Senja

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone