PSDKU ABC
Para pemenang Accounting Bussiness Plan Competition usai menerima hadiah. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Accounting Business Plan Competition 2018 atau yang dikenal sebagai ABC merupakan kompetisi business plan pertama yang telah dilaksanakan oleh HMA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi pada tanggal 04 hingga 06 Mei 2018. Event tersebut merupakan suatu ajang bagi Mahasiswa dan siswa SMA se-derajat di Kabupaten Banyuwangi untuk menuangkan ide kreatifnya dalam bidang ekonomi.

Mengutip dari pernyataan Indah Oktavia Utami selaku Ketua Pelaksana ABC 2018, Event bisnis bagi generasi muda ini  bertemakan “Semangat Muda Wirausaha” yang juga  merupakan suatu bentuk dukungan dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU UNAIR di Banyuwangi terhadap misi Kabupaten Banyuwangi sendiri yaitu misi Kewirausahaan.

“Kewirausahaan merupakan suatu hal yang menjanjikan pada era ini. Dengan adanya ABC 2018 ini semoga dapat menumbuhkan jiwa Kewirausahaan yang ada dalam diri pemuda di Banyuwangi khususnya, dan membantu merealisasikan potensi ide kewirausahaan mereka” ujarnya.

Terdapat beberapa rangkaian acara pada event itu yaitu Technical Meeting pada 04 Mei, Presentasi 10 kelompok terbaik dan Seminar Kewirausahaan pada 05 Mei di kampus PSDKU UNAIR Sobo Banyuwangi, serta workshop dan rewarding yang dilaksanakan di Osing Deles Café ‘n Resto Banyuwangi pada 06 Mei 2018.

Selain itu, tambahnya, peserta kompetisi tiap kelompok terdiri dari 3 orang. Kompetisi itu juga terdiri dari beberapa babak penyisihan mulai dari 10 terbaik yang harus merealisasikan serta mempresentasikan produk, lalu mengerucut menjadi 5 terbaik yang dipilih untuk mengikuti workshop serta rewarding.

“Tak hanya itu, selain menerima tropi dan uang tunai bagi Juara 1, 2 dan 3, dan merchandise untuk Juara harapan 1 dan 2, bagi 3, kelompok terpilih dari 5 terbaik juga berhak menandatangani MOU (Memorandum of Understanding) untuk melakukan kerjasama kontrak dengan HMA UNAIR Banyuwangi dalam hal branding serta pemasaran produk terpilih berkat ide bisnis kreatif,” tuturnya.

Ketiga kelompok terpilih yang berhak menerima kerjasama kontrak branding serta pemasaran produk dengan HMA PSDKU Banyuwangi yaitu tim dari SMAN 1 Giri Banyuwangi dengan ide bisnis kreatif berjudul “Kopi Biji Kurma Khas Mondoluko”, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi dengan judul “Media Pembelajaran Speaking Tingkat SD Menggunakan Magic Card”, serta dari Universitas Airlangga dengan ide bisnis “Soker Siji (Bakso Kering Siap Saji)”. Yang mana sistem penilaian dari setiap kelompok didasarkan pada inovasi, manfaat, serta prospek daya saing produk yang secara keseluruhan diambil dari penilaian dewan juri.

 

Penulis: Iis Ananda Pratiwi (Mahasiswa S1 Akuntansi PSDKU UNAIR di Banyuwangi)

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone