Komitmen Tingkatkan Peran Alumni di Rumah Dinas Menteri ESDM

UNAIR NEWS – Sebanyak 75 alumni Universitas Airlangga (UNAIR) hadir dalam acara pertemuan alumni UNAIR. Acara itu dilangsungkan di rumah dinas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Jalan Denpasar Raya Blok C3 Kavling nomor 16, Kuningan, Jakarta Selatan pada Sabtu, (12/5).

Diawali dengan memutar video kapal pinisi Rumah Sakit Terapung sebagai bentuk kebanggaan alumni UNAIR, acara yang diprakarsai oleh Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) UNAIR tersebut berlangsung hangat dan santai. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak, CMA., serta wakil rektor IV Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt. Turut hadir pula Wakil Dekan 1 dan 2 Fakultas Ekonomi Bisnis, Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP), Wakil Ketua Pusat Pengelola Dana Sosial (Puspas), pengurus Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (PP IKA UA), dan alumni UNAIR.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan para hadirin Prof. Nasih menyampaikan bahwa alumni UNAIR diharapkan mampu menjadi asset bagi bangsa ini dan lebih khusus lagi bagi UNAIR dalam meraih world class university (WCU).

“Saat ini UNAIR sedang gencar membangun infrastruktur. Bagi alumni yang mau mendonasikan sebagian hartanya maka nama alumni tersebut dapat menjadi ikon di tempat donasinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, saat ini UNAIR sedang meningkatkan sarana dan prasarana gedung Fakultas Farmasi untuk mendukung tercapainya 500 WCU. Di samping itu, UNAIR juga sedang membangun gedung asrama mahasiswa di kampus C yang mendapat dana hibah dari  pemerintah provinsi (pemprov). Rencananya, tambah Prof. Nasih, dalam waktu dekat UNAIR akan membangun gedung perpustakaan di kampus B yang mendapat dukungan dari salah satu alumni UNAIR yaitu Dato’ Sri Prof Dr (HC) Tahir, MBA.

“Semoga semakin banyak alumni-alumni yang berkontribusi bagi almamater sebagai asset universitas,” tambahnya.

Sementara itu, Ignasius Jonan yang juga alumni UNAIR dalam kesempatan itu mengatakan bahwa sebenarnya UNAIR mampu untuk diberikan target tidak hanya 500 WCU, namun menjadi top 100 WCU. Hal itu bisa terjadi jika semua pihak saling bahu membahu salah satunya alumni. Jonan menambahkan, alumni diharapkan bersedia untuk saling membantu untuk medukung UNAIR meraih target menuju WCU.

“UNAIR memiliki alumni yang beragam tersebar di berbagai sektor. Banyak juga yang mempunyai posisi strategis. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempercepat UNAIR meraih world class university,” tambahnya.

Kemudian, selaku ketua IKA UA, Haryanto Basyoeni juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh alumni yang berkenan hadir. Juga kepada Ignasius Jonan yang telah berkenan menjadikan rumah dinasnya menjadi tempat berkumpulnya alumni UNAIR.

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Nuri Hermawan