Gali Potensi Pertanian dan Peternakan di Tuban

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa FKH yang terlibat dalam pengmas bertajuk FKH Menyapa 2018 di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Departemen Sosial dan Mayarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) telah melakukan kegiatan bersama masyarakat, Sabtu (5/5). Kegiatan perdana dengan nama FKH Menyapa, dilaksanakan di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Kegiatan dibuka dengan sambutan panitia dan dilanjutkan oleh Widodo selaku Kepala Desa.

Ketua BEM FKH UNAIR Devi Kurniawan mengatakan, dari data yang didapat, sebanyak 85 persen warga Desa Sumurgung memiliki ternak. Namun, mata pencaharian utama masyarakat adalah bertani. Sehingga, lanjutnya, sekelompok mahasiswa berusaha mengembangkan potensi yang ada.

Tidak hanya menggali potensi sumber daya manusia, kegiatan ini juga diharapkan turut mengembangkan sumber daya alam. Terutama, pada pada sektor pertanian dan peternakan.

FKH Menyapa 2018 merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdioan kepada masyarakat. Program ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang bertujuan mengembangkan potensi sumber daya manusia di Desa Sumurgung.

Sebelumnya, Departemen Sosial dan Masyarakat juga pernah menyelenggarakan kegiatan FKH Peduli, FKH Menyapa, Hari Sehat, dan lainnya.

“Program ini diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan sumber daya, baik alam maupun manusia di Desa Sumurgung. Dengan adanya pemberdayaan pada sektor pertanian dan peternakan ini diharapkan warga desa bisa mendapatkan feedback yang bermanfaat,” ujarnya.

Untuk mencapai hasil yang optimal, para mahasiswa memiliki rencana realisasi hingga empat tahun ke depan. Untuk mewujudkan rencana tersebut, mereka melakukan pengenalan pengelolaan seputar kesehatan ternak.

Sejauh ini, aku Devi, belum ada kendala yang berarti. Pihak kampus mendukung penuh program ini. Selain itu, pihak desa juga sangat antusias dalam mengikuti berbagai hal yang diarahkan.

Acara ini ditutup dengan kegemberiaan anak-anak dari TPQ Desa Sumurgung. Penutupan acara dibarengi dengan berbagai lomba khas Agustusan bertempat di balai desa. Tidak kurang dari 40 anak datang untuk memeriahkan kegiatan FKH Menyapa 2018 dengan sukacita. (*)

Penulis : Pradita Desyanti

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu