Kelas Legislatif
Peserta Kelas Legislatif saat berpose di depan gedung kampus sobo. (Foto: Siti Nur Alfatihana mahasiswi FKM’15)
ShareShare on Facebook10Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Salah satu program kerja di Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga, Banyuwangi Public Health Assosiation (B-PHA) yaitu sekolah legislatif. Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu (7/4) itu, mendatangkan pemateri dari anggota Dewan Legislatif Mahasiswa UNAIR dan ketua Badan Legislatif Mahasiswa FKM UNAIR 2018.

Sekolah legislatif merupakan salah satu program kerja yang baru terealisasikan pada periode B-PHA tahun ini. Dalam kesempatan tersebut, penanggung jawab program kerja yaitu Nahda Ruce Triyanti, berusaha mengundang anggota DLM UNAIR dan Ketua BLM FKM UNAIR untuk datang ke Banyuwangi, menjadi pemateri dalam sekolah legislatif tersebut.

Paparan materi dalam kegiatan tersebut diisi oleh Della Safera Pradanti, mahasiswi FKM angkatan 2015, yang merupakan anggota DLM UNAIR 2018 dan Fatin Zuhra, mahasiswi FKM angkatan 2015 yang menjabat sebagai ketua BLM FKM UNAIR 2018.

“Sekolah legislatif ini diadakan karena untuk membantu mahasiswa berorganisasi. Masih banyak mahasiswa yang mengikuti organisasi, tapi belum dapat berkontribusi dengan maksimal, sehingga dengan adanya sekolah legislatif, berharap dapat membuat mahasiswa dapat berkontribusi didalam organisasi dengan cukup maksimal,” tutur Nahda.

Sekolah legislatif yang dihadiri 38 peserta mahasiswa itu diadakan di Kampus Sobo, Ruang MA102, dimulai pukul 10.00 WIB dan diawali dengan pemateri yang menjelaskan secara singkat tentang DLM UNAIR dan BLM FKM UNAIR. Selanjutnya dibentuk kelompok diskusi agar mahasiswa langsung dapat mempraktikkan apa yang sudah disampaikan oleh pemateri.

“Acaranya seru, banyak ilmu yang belum diketahui tentang organisasi tapi setelah ikut sekolah legislatif, jadi menambah wawasan mengenai kelegislatifan dan keorganisasian,” tutur Nadiyah, salah satu mahasiswi PSDKU UNAIR angkatan 2017 yang mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Sedangkan menurut Nika, salah satu mahasiswi angkatan 2017 mengungkapkan saran untuk acara sekolah legislatif kedepannya.

“Semoga kedepannya peserta yang mengikuti acara sekolah legislatif tidak hanya dari FKM saja, tetapi semua prodi yang ada di PSDKU UNAIR dapat mengikuti acara ini,” katanya.

 

Penulis: Nur Makkatul M. (Mahasiswi FKM’17 PSDKU UNAIR di Banyuwangi)

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook10Tweet about this on Twitter0Email this to someone