Rektor UNAIR Beri Motivasi di Almamater

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih (lima dari kiri) bersama Octaviana Galuh Pratiwi (tiga dari kiri) alumnus SMAN 2 Lamongan yang diterima di FK UNAIR melalui jalur SNMPTN. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Ada yang tampak berbeda dari proses wisuda kelulusan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Lamongan. Sabtu pagi (28/4), salah seorang alumnua yang menjabat sebagai rector itu datang untuk memberikan motivasi kepada siswa sebelum mereka melangkah memasuki gerbang perguruan tinggi. Ialah Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak, CMA., rektor Universitas Airlangga, Surabaya.

Dalam kesempatan itu, rektor memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa. Usai kelulusan adalah jalan panjang untuk masuk ke perguruan tinggi. Ia juga memberi motivasi kepada siswa yang tidak lolos masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN agar tidak berputus asa.

“Masih banyak kesempatan untuk masuk perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jack Ma orang terkaya di dunia yang 10 kali mendaftar kuliah di Havard namun tidak lolos. Tapi akhirnya, dia tetap jadi orang yang sukses,” ujarnya diikuti oleh riuh tepuk tangan para hadirin.

“Ada banyak kegagalan yang harus dipelajari. Kunci utamanya adalah jangan hanya belajar dari orang sukses, namun belajarlah dari kegagalan,” tambahnya.

Selain Rektor UNAIR, prosesi kelulusan itu juga dihadiri oleh Bupati Lamongan Fadeli, SH. MM dan jajaran, siswa, guru, orangtua, dan pengurus Ikatan Alumni SMAN 2 (IKA SMADA) Lamongan. Dalam kesempatan itu, rektor menyapa langsung para wisudawan dan berbicara secara dekat dengan mereka.

Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih memberikan motivasi di tengah acara wisuda kelulusan siswa kelas XII SMAN 2 Lamongan. (Dok. Pribadi)

Rektor, bahkan meminta bupati Lamongan untuk menjadi ‘orang tua asuh’ bagi wisudawan terbaik yang telah diterima di Fakultas Kedokteran UNAIR. Wisudawan terbaik itu atas nama Octaviana Galuh Pratiwi yang diterima melalui jalur SNMPTN. Oktaviana juga diterima di FK UNAIR dengan bantuan pendidikan beasiswa Bidik Misi. Menanggapi hal itu, bupati-pun memberikan respon positif atas permintaan rektor.

Sementara itu, Kepala sekolah SMAN 2 Lamongan menyambut antusias kedatangan rektor yang menyempatkan diri hadir dalam proses kelulusan siswa-siswinya. Dalam kesempatan itu, ia memaparkan jumlah siswa kelas XII yang yang dinyatakan lulus dan akan memasuki bangku perkuliahan.

Tercatat, ada 405 siswa kelas XII yang dinyatakan lulus, dengan rincian 330 peminatan IPA, 67 peminatan IPS, dan 8 peminatan Bahasa. Dari jumlah itu, yang sudah diterima di berbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui jalur SNMPTN sejumlah 97 siswa. Di antara jumlah itu, ada 10 siswa yang diterima di UNAIR dengan pilihan jurusan yang beragam.

Di waktu yang bersamaan, bupati lamongan secara langsung mengukuhkan Prof. Nasih sebagai pengurus IKA SMADA masa bakti 2018 – 2022. Ia juga mengucapkan sukses selalu kepada wisudawan yang telah berhasil mencapai kelulusan. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu