“ARAH” Program Baru dari UKMKI UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ARAH
Suasana launching ARAH UKMKI UNAIR di Masjid Nuruzzaman Kampus B UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa UNAIR sudah sejak dulu terkenal dengan semboyannya “Excellence With Morality”. Berbagai jenis Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) berlandaskan religi telah diterapkan untuk memenuhi standar moral yang baik. Salah satu UKM yang berasal dari mahasiswa muslim UNAIR yaitu UKMKI (Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam). UKMKI mencanangkan sebuah program ARAH (Airlangga Berhijrah). Program yang dibuat oleh UKMKI ini diharapkan untuk meningkatkan kualitas keimanan menjadi lebih baik.

Masjid Nurruzzaman Kampus B UNAIR pada pekan lalu dipenuhi mahasiswa muslim yang antusias mengikuti kegiatan launching program ARAH. Antusias mahasiswa muslim terlihat dari banyaknya peserta yang hadir. Tampak beberapa mahasiswa dari universitas lain pun turut andil memenuhi masjid tersebut. Universitas tersebut berasal dari PENS, ITS, PPNS dan beberapa universitas lain di Surabaya.

Program ARAH tersebut diresmikan langsung oleh Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih, Direktur Kemahasiswaan Dr. M. Hadi Shubhan, S.H., M.H., CN., dan disaksikan oleh puluhan mahasiswa. Sebagai tanda dari peresmian program tersebut, lantunan doa menjadi pembuka dan kemudian disusul dengan kegiatan pemotongan pita.

Di tengah acara setelah peresmian tersebut, Ustad Aditya Abdurrahman dan Ustad Handy Bonny didaulat sebagai pembicara agar mengajak jamaah untuk hijrah. Ustad Aditya memberikan nasehat yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup. Menurut dia, cara meningkatkan kualitas hidup dapat dilakukan dengan cara selalu mengingat mati, nikmat sehat, dan mengingat dosa.

“Perlunya agar kita senantiasi mengingat mati, nikmat sehat, dan mengingat dosa serta kesalahan kita,” tandasnya.

Senada dengan Ustad Aditya, Ustad Handy Bonny selaku pemateri kedua mengatakan, kesuksesan dakwah bukan dilihat dari jumlah jamaahnya tapi keistiqamahannya. Pasalnya, kauntitas belum tentu menjamin kualitas suatu kelompok dakwah.

“Intinya istiqomah,” tandasnya.

Acara tersebut dikemas dengan baik dan meninggalkan kesan pada jamaahnya. Acara ditutup sekitar pukul 21.30 dengan doa bersama. Selanjutnya, ARAH akan berlangsung seminggu sekali setiap selasa malam pada tiap pekannya.

 

Penulis: Wenny Nurmalira

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

Achmad Chasina Aula

Achmad Chasina Aula

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi