Prof. Ocky saat menyampaikan materi. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook8Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS ­- Guna meningkatkan kualitas riset dan pengabdian masyarakat, tenaga pendidik, atau dosen, Universitas Airlangga melalui Lembaga Penelitian dan Inovasi (LPI) melangsungkan kegiatan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi XII kepada dosen yang sudah dan akan mendapat hibah pada tahun ini.

Hadir mewakili rektor UNAIR untuk membuka acara tersebut adalah Wakil Rektor III UNAIR Prof. Mochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa meningkatnya kualitas riset dan pengabdian masyarakat diharapkan mampu membawa perubahan bangsa yang lebih baik. Karya dan Inovasi, lanjut dia, haruslah terus dikembangkan oleh anak-anak bangsa.

“Tentu akan menjadi sebuah kebanggan jika karya dan inovasi kita, anak bangsa Indonesia ini bisa berguna dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” ungkapnya saat membuka acara yang dilangsungkan di Aula Garuda Mukti, Kampus C UNAIR, Jumat (13/4).

Sementara itu, bertugas sebagai pemateri, UNAIR mendatangkan langsung Prof. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D., selaku Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.  Dalam paparannya, Prof. Ocky mengatakan bahwa perubahan panduan yang terus berganti selama dirinya menjabat, semata bukan atas kehendak pribadi. Perubahan itu, menurut dia, dilakukan karena adanya perubahan aturan dari pemerintah pusat.

“Banyaknya perubahan ini diperlukan agar dalam pelaporan, kita bisa lebih cermat,” terangnya.

Selanjutnya, Prof. Ocky juga mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan itu memiliki beberapa tujuan. Di antaranya, untuk memaparkan kebijakan baru yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas penelitian dan pengabdian. Selain kebijakan, hal itu, menurut dia, juga memberikan arah strategi yang dimaksudkan untuk meningkatkan hak kekayaan intelektual (HKI) yang didaftarkan.

“Selain itu, dengan ini, saya harap semua bisa paham bahwa program yang kita susun ini merupakan upaya penguatan riset dan pengabdian,” terangnya. “Sudah barang tentu, bahwa sasaran program ini juga bisa meningkatkan relevansi dan produktivitas riset serta pengabdian masyarakat,” tandasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook8Tweet about this on Twitter0Email this to someone